Cara Jitu Memaksimalkan Kinerja AC di Musim Kemarau, Beneran Bikin Dingin

Jumat 20-10-2023,04:30 WIB
Reporter : Ranti
Editor : Ranti

RADAR TEGAL – Saat ini AC sudah menjadi salah satu peralatan elektronik yang paling diandalkan, apalagi kini di Indonesia sedang mengalami musim kemarau. Berikut cara jitu memaksimalkan kinerja AC.

AC sendiri berfungsi untuk mendinginkan dan menyejukkan udara dalam rumah ataupun ruangan. Sehingga dapat memberi rasa nyaman serta bebas gerah dan keringat, dengan memaksimalkan kinerja AC.

Namun, akhir-akhir ini suhu panas di Indonesia semakin meningkat. Sehingga membuat kinerja AC menjadi kurang maksimal dalam mendinginkan ruangan.

Seperti yang Anda ketahui bahwa sejumlah wilayah di Indonesia sedang dilanda suhu panas berkisar 36 hingga 37 derajat celcius, termasuk di DKI Jakarta dan Pulau Jawa.  Melansir kompas.com, berikut cara memaksimalkan kinerja AC.

BACA JUGA:  Lagi Cari AC Bagus dan Murah Merk Apa? Ini Daftar Lengkapnya

Diketahui, Ban Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mentatakan bahwa suhu panas di Indonesia diprediksi bisa tembus hingga 40 derajat Celsius.

Cuaca panas tersebut, tentu tidak hanya bisa membuat gerah dan berkeringat namun juga tubuh menjai  mudah lemas serta tidak nyaman beraktivitas, baik di dalam ruangan ataupun luar rumah.

Selain itu, suhu panas yang sedang terjadi saat ini juga berdampak pada kinerja AC yang tidak bisa berjalan secara optimal.

Bahkan menalankan AC pada saat musim kemarau dan sedang panas-panasnya hanya akan membuang energi serta uang.

Menurut Yudha Eka Putra, PSG Manger for AC dan Air Purifier PT Sharp Electronics Indonesia, mengatakan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan kinerja AC pada saat cuaca panas supaya tetap maksimal.

BACA JUGA: AC Rumah Tidak Dingin? Ternyata Ini 5 Penyebabnya

Cara Memaksimalkan Kerja AC di Musim Panas

Pertama, Anda perlu memastikan kapasitas paard kracht (PK) AC sesuai dnegan ukuran atau luas ruangan AC uang digunkan.

Sebab, kebanyakan permasalah ini terjadi yakni mengenai kapasitas PK AC yang kecil diletakkan di ruangan yang sebetulnya memerlukan PK lebih tinggi.

"Kinerja AC tidak akan maksimal secara suhu. Selain itu, membuat listrik lebih boros dan unit AC menjadi tidak awet karena bekerja tidak maksimal terus," kata Yudha ditemui Kompas.com dalam acara peluncuran penjernih udara Purefit series FX-S120 Y di The Langham Hotel, Sudirman Central Business District (SCBD) 8, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Kedua, Anda perlu memastikan penggunan AC yang lebih presisi dalam menentukan suhu. Contohnya, Sharp mempunyai banyak jenis AC meliputi; standar, low watt, dan inverter.

"Dengan AC inverter, diharapkan suhunya menjadi lebih stabil. Kalau AC standar, suhu akan menyala dan mati cara kerja kompresornya," ujarnya. 

BACA JUGA:  Lakukan 5 Cara Ini Supaya AC Rumah Anda Awet

Jadi, ketika suhu turun, maka AC standar akan menyala lagi. hal  ini juga akan membuat listrik yang digunakan lebih besar, sedangkan untuk menjaga suhu ruangan masih kurang dibandingkan dengan AC incerter.

Oleh karena itu, Yudha menyarankan untuk menggunakan AC inverter.

"Sharp telah membuat AC inverter dan standar ini sendiri di dalam negeri, yakni Kerawang," tambahnya.

Ketiga, cara memaksimalkan kinerja AC pada musim kemarau yakni dengan melauka pembersihan dan perawatan AC ssecara berkala.

Yudha menjelaskan bahwa pembersihan AC  ini bergantung pada kondisi ruangan. Apabila ruangan Anda terlalu banyak polusi dan debu, maka Anda perlu membersihkan AC sebulan sekali.

"Namun, kondisi rumah saya cenderung lebih terjaga, AC dibersihkan minimal tiga bulan sekali masih cukup," ucap Yudha. 

Selain itu, membersihkan dan merawat AC juga tergantung pada penggunaan unit.

"Jika sering menggunakan unit AC terus-menerus, ditambah ditinggal di sisi jalan besar yang membuat banyak debu masuk, membersihkan AC sebaiknya dilakukan sebulan sekali," jelas Yudha.  

BACA JUGA:  Hindari Overloading! Inilah Tips Merawat AC Portabel Anda Tetap Dingin dan Tahan Lama

Demikian ulasan mengenai cara memaksimalkan kinerja AC. Semoga Bermanfaat. (*) 

Kategori :