AC Rumah Tidak Dingin? Ternyata Ini 5 Penyebabnya

AC Rumah Tidak Dingin? Ternyata Ini 5 Penyebabnya

Penyebab AC rumah tidak dingin | Foto: Hemat.ID--

RADAR TEGAL – Kini sudah banyak sekali rumah yang menggunakan AC sebagai pendingin ruangan. Berikut penyebab AC rumah tidak dingin.

Mempunyai hunian dengan AC tentu dapat membuat penguhinya menjai nyaman terutama ketika memasuki musim panas. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak selama AC bisa berfungsi secara normal, lho.

Karena terkadang, Anda akan berada di situasi yang mana AC di rumah tidak dingin dan seolah bekerja dengan berat.

Ac sendiri merupakan sebuah mesin  yang membutuhkan perhatian dari manusia. Sebab, tidak ada mesin yang dapat terus beroperasi tanpa adanya perawatan dan campur tangan manusia supaya bisa terus beroperasi secara maksimal.

Oleh karena itu, Anda harus teratur dalam memperhatikan kondisi AC terutama AC Anda mulai menunjukkan gejala tidak dingin.

Nah, supaya bisa menghindari hal tersebut, melansir dari rumah.com berikut penyebab ac tidak dingin.

BACA JUGA: Beda AC 1/2 Pk Dan 1 Pk, Benarkah 1/2 Pk Harganya Lebih Murah?

5 penyebab AC tidak dingin

1. Unit pendingin kotor

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab paling umumdai Ac tidak dingin yakni unit pendingin udaranya kotor dan jarang dibersihkan. Nah, apabila Anda tinggal di daerah yang cukup berdebu, maka harus lebih rutin membersihkan pendingin udaranya, ya.

Anda perlu memeriksa kertas filter atau penyaring kotoran yang berada di dalam AC. Apabila penuh dengan dbeu dan kotoran maka bersihkanlah penyaring tersebut. Ketika sudah bersih dan berubah warna maka Anda bisa menggantinya dengan filter yang baru.

2. Kurangnya gas pendingin

Tahukah Anda bahwa ketka akan membeli sebuah pendingin ruangan, maka perlu memperhatikan terlebih dahulu spesifikasi dari unit yang hendak Anda beli. Periksa kembali apakah AC masih menggunkan gas freon atau puron karena Anda tidak boleh salah dalam mengisi gas pendingin yang terdapat di dalamnya.

Apabila AC tersebut kekurangan gas pendingin maka secara otomatis kemampuan mendinginkannya juga akan berkurang jauh, ya. Anda juga perlu memeriksa kapasitas dari gas pendingin AC setiap  6 bulan secara berkala untuk memastikan jumlahnya mencukupi.

BACA JUGA: Jangan Ngasal, Ini Cara Perawatan AC Portable yang Benar Supaya Awet

3. Situasi luar rumah terlalu panas

Apabila Anda tinggal di daerah dengan udara sekitar yang panas maka kemampuan mendinginkan udara dari AC akan berkurang. Ini merupakan salah satu masalah yang sangat umum terjadi, terutama bagi perumahan yang berada di dekat pantai.

Pastikan juga supaya unit luar pendingin udara Anda berada di tempat yang teduh dan tidak terkena matahari secara langsung untuk memaksimalkan kinerja pendinginannya.

4. Terjadi kebocoran

Tahukah Anda bahwa kebocoran gas pendingin seringkali terjadi. Hal ini menyebabkan gas pendingin tidak bisa masuk secara sempurna ke dalam AC dana menyebabkan unit menjadi tidak dingin.

Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa apabila terdengar suara desis yang menandakan bahwa saluran gas mengalami kebocoran. Pastikan juga  untuk mengganti selang saluran gas yang sudah getas  dengan yang baru dan memasangnya secara sempurna.

BACA JUGA: Ketahui Keunggulan dan Daftar AC Portable Terbaik dengan Harga Mulai Rp1 Jutaan

5. Sistem evaporator membeku

Apabila di rumah Anda masih menggunakan pendingin udara lawas dan secara tiba-tiba AC menjadi tidak dingin maka terdapat kemungkinan sistem evaporator di dalam unit AC menjadi membeku karena sudah digunakan dalam waktu yang terlalu lama.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa memasang timer supaya AC tidak bekerja secara terus menerus dan bisa berhenti apabila udara di dalam ruangan sudah dingin.

Demikian ulasan mengenai 5 Penyebab AC Tidak Dingin. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: