Tahapan Pencairan KUR BRI, Bawa 4 Dokumen Ini Termasuk Fotokopi Sertifikat Jaminan sebagai Bukti

Selasa 29-08-2023,20:17 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL.DISWAY.ID- KUR BRI salah satu perbankan milik pemerintah yang aktif memberi bantuan intensif kepada   pelaku UMKM. Ketika KUR disetujui ada tahapan pencairan KUR BRI perlu dipahami karena sudah menjadi peraturan maupun mekanisme yang  berlaku

 

Persyaratan Pengajuan KUR BRI

 

Sebelum mencapai tahapan pencairan KUR BRI penting memahami dan mengetahui apa saja persyaratan pengajuan KUR BRI. KUR selama ini begitu membantu   mengembangkan usaha bisnis dengan pinjaman bunga rendah.

 

Kemudian keunggulan KUR BRI lain jangka waktu fleksibel sesuai   kemampuan. Sebelum mengajukan KUR BRI, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi agar pinjaman tersebut dapat dicairkan   meliputi :

 

Milliki NPWP

  1. Salah   satu persyaratan pengajuan KUR BRI yang   harus dipenuhi adalah NPWP   atau Nomor Pokok Wajib Pajak yang   masih berlaku. NPWP dalam hal ini diwajibkan bagi   pelaku UMKM menunjukkan   bahwa   usaha bisnis sudah terdaftar dan membayar pajak
Miliki Proposal   Usaha Hal   menarik dalam pengajuan KUR   BRI para   nasabah wajib mempunyai proposal usaha. Proposal usaha tersebut   berisi gambaran detail mengenai modal usaha, hingga estimasi laba yang diharapkan.

 

Pastikan proposal usaha   telah   dibuat sedemikian rupa dan terencana,   karena bisa dijadikan bukti   bahwa bisnis sedang rintis juga   memiliki potensi cukup besar   kemudian layak mendapatkan pinjaman.

Tunjukkan Kemampuan Membayar Cicilan Bukan hanya proposal   usaha saja yang bisa menjadi bukti   bisnis usaha   yang dimiliki layak diberi pinjaman KUR. Namun, tunjukkan kemampuan membayar kredit dapat terlihat dari riwayat kredit apakah pernah ada masalah galbay atau gagal bayar atau tidak

Jaminan Cukup Tidak   ketinggalan dalam mengajukan KUR BRI memiliiki jaminan cukup   seperti   sertifikat tanah, sertifikat rumah atau BPKB kendaraan.   Mengapa    wajib memiliki jaminan cukup dalam   hal ini karena tidak cukup   kemungkinan ditolak.

Miliki Usaha   Bisnis Minimal 1 Tahun Poin yang satu ini juga wajib menjadi perhatian adalah usia bisnis usaha   setidaknya   1 tahun.   BRI nanti   akan memeriksa bisnis usaha yang sedang dirintis apakah    layak mendapat bantuan pinjaman. Jika terbukti kurang        dari 1 tahun dan tidak ada aktivitas kemungkinan     pengajuan ditolak KUR   tidak cair.      

        6. Rekening BRI

Sebagai nasabah BRI juga wajib memiliki   rekening BRI nanti ketika KUR cair transfer memperoleh   pinjaman atau dana itu   ke rekening BRI. Persyaratan wajib terpenuhi   kemungkinan   jika telah lengkap memenuhi ketentuan.

Dana cair dengan bunga rendah jangka waktu fleksibel yang memperluas usaha dan meningkatan   produksi.Meski demikian sebelum pengajuan KUR pastikan potensi usaha   bisnis cukup   besar dan mampu membayar cicilan pinjaman secara teratur.

Berapa Lama Dana KUR BRI Cair

Setelah survey selesai biasanya   dana KUR akan cair dalam   kurun waktu   antara satu sampai dua minggu   kemudian. Cepat atau lambat proses pencairan tidak dapat diprediksi, karena tergantung debitur apakah memenuhi persyaratan

Persyaratan yang Wajib Dibawa Saat Pencairan KUR   BRI

Lama pencairan dana KUR   BRI kurang lebih 1-2 minggu, jika persyaratan terpenuhi dana segera cair. Biasanya   dari pihak bank memberi kabar kepada   nasabah ahwa pengajuan telah disetujui.

 Lalu, persyaratan apa saja yang wajib dibawa ketika pencairan KUR karena sebagai barang bukti pencairan nanti.   Namun, pastikan seluruh berkas dokumen yang akan diibawa lengkap   dan tidak ada tertinggal sebagai berkut

Fotokopy KTP dan NPWP

Salah satu hal   penting ketika mencairkan KUR BRI adalah membawa fotocopy KTP dan NPWP yang masih berlaku.    Kedua dokumen tersebut sebagai syarat utama yang nantinya untuk memastikan identitas sebagai nasabah atau   peminjam   resmi   maupun asli.

Fotocopy Sertifikat Jaminan

Bukan hanya membawa fotocopy KTP dan NPWP    saja melainkan pula menyertakan fotocopy sertifikat jaminan. Sertifikat jaminan dalam     hal ini sertifikat tanah,sertifikat rumah atau gedung nanti dijadikan bukti    jaminan.

Fotocopy Buku   Rekening Bank

Tidak   boleh ketinggalan menyisipkan fotocopy buku rekening bank BRI nanti sebagai   bukti dan mencairkan dana kur ke   rekening   sesudah proses pencairan selesai. Itulah tahapan pencairan KUR BRI yang wajib diketahui dengan menyertakan sejumlah dokumen penting.

Tahapan pencairan KUR BRI   membutuhkan beberapa proses dan durasi waktu 3-14 hari kerja setelah nasabah disurvey oleh pihak bank. Cepat atau   lambat pencairan   dana   tergantung kelengkapan berkas dokumen, karena semakin komplit    dokumen makin KUR BRI cepat cair.*

 

Kategori :