Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal Sudah Ada Sejak Abad 19, Ada Hubungannya dengan Perang Cina Usir VOC

Kamis 24-08-2023,19:21 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Sebagai pusat dari Kelenteng Tek Hay Cin Jin, setiap tahunnya Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal  mengadakan kirab. Yaitu pada perayaan Cap Go Meh dan perayaan Sejit Kongco Ceng Gwan Cin Kun.

Kirab budaya Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal

Setiap tahunnya selalu diundang perwakilan kelenteng dari berbagai daerah untuk menggelar kirab di Kota Tegal. Hari pertama kirab selalu dimulai dengan mengadakan sembayang pantai, untuk menghormati Kongco Tek Hay Cin Jin.

Rohaniwan Taoisme, Chen Lei Wei Dao Chang mengatakan kepada Jia Xiang Hometown, Kelenteng Tek Hay Kiong sebagai pusat dari Tek Hay in Jin selalu mengadakan kirab. Yaitu dengan memanggil perwakilan dari berbagai daerah untuk mengikuti kirab budaya.

Selain untuk melestarikan budaya leluhur, kirab budaya tersebut pun menjadi agenda wisata di Kota Tegal.  Setiap kali kelenteng mengadakan kirab, banyak masayarakat luar kota yang datang ke Kota Tegal hanya untuk menyaksikan kirab budaya tersebut.

Kirab budaya tersebut bukan saja diikuti warga Tionghoa, tetapi juga warga dan lainnya untuk melestarikan kebudayaan alkulturasi Tionghoa dan Jawa. Sehingga siapa pun bisa menikmati festival budaya tersebut.

Kelenteng Tek Hay Kiong juga menjadi tempat ibadah umat Tri Dharma di Kota Tegal, sekaligus salah satu destinasi wisata. Tidak hanya sembahyang, warga yang datang ke kelenteng juga datang untuk menikmati keindahannya. (*)

Kategori :