5 Mitos Kepercayaan Orang Tionghoa yang Masih Kental, Benarkan Angka 4 Membawa Sial?

5 Mitos Kepercayaan Orang Tionghoa yang Masih Kental, Benarkan Angka 4 Membawa Sial?

5 mitos kepercayaan orang Tionghoa yang masih kental-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini membahas 5 mitos kepercayaan orang Tionghoa yang masih kental sampai sekarang. Meskipun sudah di era yang modern, orang-orang Tionghoa masih memercayai penuh beberapa hal yang memang sudah ada sejak dulu.

Mitos kepercayaan orang Tionghoa ini salah satunya erat dengan warna merah. Warna satu ini dipercaya kuat merupakan simbol keberuntungan maupun kebahagiaan.

Tidak hanya itu, mitos kepercayaan orang Tionghoa yang lainnya juga ada di kehidupan sehari-hari maupun pada hari raya tertentu. Namun, semuanya tidak terlepas dari keyakinan antara membawa sial dan keberuntungan.

Selengkapnya di bawah 5 mitos kepercayaan orang Tionghoa yang masih kental sampai saat ini. Mulai dari warna merah, tradisi sebelum Imlek, dan sebagainya.

5 Mitos kepercayaan orang Tionghoa

Keyakinan orang Tionghoa yang masih ada ini sudah dipercaya turun temurun. Ada pantangan yang dihindari serta ada anjuran yang dilakukan demi mendatangkan berkah.

BACA JUGA: 5 Mitos Soal Pernikahan Adat Jawa, Menikahkan Anak Sulung dan Ketiga Bisa Bawa Petaka?

1. Warna Merah

Kepercayaan soal warna merah ini tentu sudah cukup populer. Bahkan, suasana perayaan hari raya Imlek juga penuh dengan nuansa serba merah.

Orang Tionghoa percaya bahwa warna merah mendatangkan kebahagiaan atau dianggap lambang kesuksesan. Beda halnya dengan warna putih, yang dianggap duka atau kematian. Hal ini mengingat warna putih dulunya seringkali digunakan ketika upacara pemakaman.

Itulah mengapa perayaan Imlek khas dengan warna merah, dengan harapan kehidupannya akan penuh kebahagiaan maupun keberuntungan. Selain itu, warna ini juga erat dengan kisah Imlek di jaman China kuno dulu.

2. Makan Mie Panjang saat Ulang Tahun

Hal yang masih dipercaya orang Tionghoa berikutnya yaitu makan mie panjang saat ulang tahun, yang mana disimbolkan agar panjang umur. Makan mie panjang ini termasuk salah satu tradisi orang Tionghoa yang masih dilakukan. 

BACA JUGA: Mitos Larangan Pakai Baju Warna Hijau di Pantai Selatan Jawa, Meski Horor Begini Fakta Sesungguhnya

Sumber: