Tips Pilih Pinjol Aman yang Legal, Terdaftar Di OJK, Pastikan Berizin dan Berbadan Hukum

Senin 21-08-2023,21:07 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Ketika kebutuhan mendesak ada sebagian masyarakat memilih pinjaman online yang mudah dan  cepat pencairannya. Pinjol kerap  dijadikan aternatif pilihan mencukupi kebutuhan, bahkan sekedar pelengkap gaya hidup modern dan perlu tips pilih pinjol aman  yang legal agar nyaman

Ada beberapa keunggulan pinjaman online, tidak seperti kartu kredit   menyasar pada kalangan masyarakat, yang membutuhkan uang    cepat keperluan mendadak.

 Risiko minim   dan proses pencairan cepat tidak sampai   24jam   menjadi alternatif pilihan dalam memilih pinjol   Namun, entah alasan apa seringkali tergiur pinjaman online ilegal, tidak beriizin hingga tidak terdaftar di OJK dan berkut tips pilih pinjol aman   yang legal

Perhatikan Perjanjian Kerjasama

Sebelum memutuskan pinjaman online terlebih dahulu   perlu   memperhatikan perjanjian   kerjasama. Bila nanti pihak perusahaan mengajak kerjasama dalam bentuk dokumen eletronik setidaknya wajib   memuat hal-hal berikut

BACA JUGA:Pinjol BRI Bisa Diajukan di Rumah hingga Rp25 Juta! Syarat Cuma KTP, Cicilan Rp100 Ribuan Aja

Tanggal perjanjian, identitas para pihak kemudian juga nomor perjanjian dan tidak lupa juga harus memuat hak dan kewajiban kedua belah pihak.Jangan ketinggalan dalam   perjanjian tersebut wajib ada suku bunga perjanjian.

Di samping itu, ada  nilai angsuran,jangka waktu kemudian obyek jaminan jika ada hingga   rincian biaya terkait   denda. Tidak boleh terlewatkan pastikan adanya   mekanisme penyelesaian sengketa,

Legalitas Penyelenggara Pinjol

Hal menarik dari tips pilih pinjol aman   yang legal dengan memperhatikan legallitas penyelenggara. Apakah sudah berizin terdaftar di OJK atau tidak dengan   kata lain perusahaan pinjol yang dijadikan tempat pinjaman online legal atau ilegal.

Terdaftar   OJK

Selain legalitas   dalam melakukan pinjaman online, hal lain penting diperhatikan adalah ketentuan perusahaan penyelenggara terdaftar    di OJK . Perusahaan apakah   sudah terdaftar atau   belum bisa    dicek langsung   pada website, karena logo   OJK   pada situs berpotensi   palsu

Berbentuk Badan Hukum

Pinjol berkualitas dan terbaik harus melihat banyak faktor salah satunya berbenntuk badan hukum. Mengapa harus melihat   perusahaan memiliki badan hukum yang tega, karena ada ratusan perusahaan mengelola simpan pinjam ilegal.

Oleh karena itu, pastikan mempunyai tujuan yang jjelas,laman atau aplikasi yang jelas transparan. Hindari perusahaan yang bersifat perseorangan karena model seperti ini biasanya hanya bergerak gal lubang tutup lubang untuk bayar hutang.

Perhatikan Tingkat Suku Bunga   dan Denda   Keterlambatannya

Beberapa faktor   dalam memilih pinjol legal yang aman yakni tingkat suku bunga setidaknya tidak   boleh   dari 0.8% perharinya.Tagihan juga tidak boleh 2 kali lipat melebihi pokok utang agar membayar tepat   waktu.

Ciri-ciri Pinjol Ilegal

Tips pilih pinjol aman   yang legal dengan memperhatikan apa   saja ciri-ciri pinjol ilegal. Mengapa    demikian, karena   sekarang banyak pinjol ilegal yang   sangat masif   melakukan berbagai promo seperti iklan bersifat ajakan mencolok.

Iklan yang berasal pinjol ilegal biasanya menyajikan promo menarik lewat SMS atau iklan spam. Cara membuka   jasa dengan membuat sejenis iklan  dengan mengenali ciri-ciri pinjol ilegal.Nanti akan secara mudah menghindari pinjol tidak   terdaftar   OJK atau tidak memiliki badan hukum.

BACA JUGA:4 Platform Pinjaman Online Kategori Ilegal, Salah Satu Cirinya Ga Ada Persyaratan untuk Verifikasi Wajah

Tidak   lupa juga memperhatikan alamat kantor resmi karena banyak pinjol tidak mempunyai alamat kantor yang   jelas biasanya pinjol dikelola perseorangan. Bahkan menariknya kantor tersebut tidak ada layanan pengaduan sehingga menyulitkan para nasabah.

Oleh karena itu pastikan mengenali ciri-ciri pinjol ilegal supaya   tidak terjebak apalagi disaat gagal bayar atau Galbay. Dengan   cara ini akan mendapatkan pinjol terbaik sesuai kebutuhan dan demikian tadi tips pilih pinjol aman   yang legal penting mendapat perhatian seperti berbadan hukum atau terdaftar OJK.*

 

 

 

 

 

Kategori :