8 Penyebab Usulan Penerima Bansos Ditolak, Tidak Layak Terima Bantuan Sosial Atau Kesalahan Input Data

Senin 21-08-2023,21:34 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL.DISWAY.ID- Program Bansos alias bantuan sosial bagi masyarakat tidak mampu, tetapi  terkadang terjadi tidak tepat sasaran semustinya  tidak mendapat bantuan. Kemudian penerima tidak memenuhi kriteeria dan hal inilah menjadi penyebab usulan calon bansos ditolak.

Mekanisme Penyaringan Data Pendaftar Penerima   Manfaat Bansos

Sebelum penerima manfaat menerima bantuan bansos terlebih dahulu dilakukan penyaringan data pendaftar. Mekanisme data   pendaftar dimulai dari pendataan yang dilakukan oleh ketua   RW atau RT bisa juga laporan dari warga.

Selanjutnya ketua RW    melapor ke kepala desa    kemudian Kades melakukan musyawarah desa menentukan layak atau tidak.   Bupati   menerima laporan dari   camat menyampaikan ke   dinas sosial Kabupaten dan menandatangani   berkas,

Dari kabupaten ditindaklanjuti ke tingkat provinsi sebelum final ke menteri lewat aplikasi SIKS-NG . Kemudian biasanya pada tingkat provnsi ada keputusan layak atau tidak.

  Penyebab Usulan Calon Penerima Bansos Ditolak

Fenomena salah sasaran dalam penerima manfaat yang sering terjadi menjadi   salah satu penyebab usulan penerima bansos ditolak. Meski    demikian  secara umum faktor lain yang penting diketahui setidakya ada    kelompok alasan umum

Tidak Layak Terima Bantuan Sosial

Penyebab us ulan penerima bansos ditolak yang menarik adalah tidak   layak terima bantuan sosial. Keadaan tersebut terjadi kemungkinan calon penerima   manfaat dianggap mampu dalam segi perekonomian .

Seperti memiliki rumah layak, kendaraan bermotor dan pekerjaan tetap menjadi   alasan tidak memenuhi kriteria. Jika tetap diberi bantuan sosial dengan ciri demikian bisa jadi terjadi salah sasaran dalam penyaluran bantuan sosial.

Tidak Cukup   Umur

Ada banyak faktor penerima manfaat ditolaknya usulan sebagai peneriman bansos yakni belum cukup umur. Usia di bawah 17 tahun tidak boleh memperoleh bansos, bahkan usia ini akan   dihapus dari daftar DTKS

KK Duplikat

Masalah   lain yang menjadi faktor usulan ditolak   lantaran adanya   KK duplikat atau KK   yang memilki persamaan yang asli. Biasanya terlihat dari NIK   berbeda pada KK serupa yang pasti   KK duplikat membuat penerima manfaat gagal jika salah satu KK   tidak dihapus

Pekerjaan Tidak Sesuai

Pekerjaan yang tidak sesi uai tertera DTKS seperti   anggota   BPK, DPR RI, DPRI, anggota TNI, anggota Polri dan ASN. Penerima manfaat pekerjaan disebutkan di atas dilarang menerima bansos.

Nama   Berbeda dengan Dukapil

Jika   berbeda dengan nama yang tercamtum database kependudukan Kemendagri kemudian terdapat kombinasi nama, alamat dan NIK dipastikan gagal menerima bansos.Pastikan NIK, nama dan alamat tertera sesuai   dengan database   agar lancar dalam proses program bansos nanti.

Kesalahan Input Data

Penyebab usulan calon bansos ditolak bisa saja berasal   dari kesalahan proses input   data.   Biasanya karena memakai import data   atau faktor lainnya sehingga kode wilayah terhapus kemudian sulit diidentifikasi validitasnya.

Telah   Terima Bantuan Sosial Jenis Lain

Faktor lain membuat   usulan penerima   bansos ditolak lantaran    calon sudah menerima jenis bantuan sejenis seperti Prakerja atau BPUM. Syarat   penerima bansos    adalah belum pernah mendapatkan bantuan sosial dari   pemerintah, jika terbukti menerima bansos                       pihak ketiga sudah pasti usulan ditolak.

Format   Nama Salah

Paling parah kesalahan penerima manfaat gagal sebagai calom penerima adalah kesalahan tehnis.   Kemudian salah adminitrasi seperti   format   nama salah sehingga sistem tidak bisa membaca.

Format   nama terlihat   salah yang berisi kombinasi huruf yang tidak terbaca sudah pasti gagal. Pastikan nama kombinasi benar   agar    tidak masalah   terkait bansos dan itulah Penyebab usulan calon bansos ditolak   yang perlu diperhatikan    dan dipahami oleh     calon penerima bansos.*

.

 

Kategori :