Ungkap Misteri Relief Candi Prambanan, Kinara-kinari Mengapit Pohon Kalpataru Hewan Aneh Penuh Mistis

Sabtu 19-08-2023,21:34 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL.DISWAY.ID -Ungkap misteri relief   Candi Prambanan yang  mistis  membuat sebagian orang penasaran  lantaran relief-relief terukir dalam dinding candi begitu unik    dan penuh mistis . Tema relief pada candi   Prambanan umumnya  mengusung flora  dan fauna salah satunya relief burung kakak tua jambul kuning

Relief lain yang tidak kalah menarik adalah   rusa,kucing, kelinci, angsa, macan, monyet anjing   dan burung. Kemudian relief makara merupan binatang gabungan   gajah dan buaya, hingga   kalamakara,   malakara    dan relief kinara-kinari berkepala manusia memiliki badan bentuk burung.          

 Kawasan Candi Prambanan memiliki   luas hampir 80 hektar kawasan taman wisata Candi Pramanan berada   di   Desa Karang Asem. Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memang indah mempesona

Relief  Ramayana dan Krishnayana

Salah satu cara ungkap misteri relief Candi Prambanan yang terkesan mistis   pada relief Ramayana dan Krishnayana. Mengutip situs Kemendikbud   relief Ramayana dan Krishnayana banyak   mengungkap tentang ajaran Hindu.  

Terletak pada tiga   bangunan candi   di pelataran dalam atau pelataran utama   yaitu Candi Wisnu, Candi Syiwa dan Candi Brahma. Rangkaian relief tersebut pada bagian dinding sebelah dalam pagar sepanjang lorong yang mengelilingi tiga candi utama.

Hal unik dari relief Ramayana dan Krishnayana adalah cara membacanya arah kanan ke kiri searah gerakan jarum jam mengitari   candi. Kondisi   itu sesuai ritual Pradaksina dengan ritual mengelilingi bangunan suci .

Relief Ramayana

Lalu   dimana letak relief Ramayana? Lokasi relief Ramayana berada di kawasan Candi Syiwa   yang   juga sebagai candi   utama. Terdapat arca Syiwa sehingga   dinamakan Candi Syiwa kemudian ada pula arca Dewi Durga perwujudan    Roro Jonggrang.

Relief Ramayana tepat berada dalam sisi dalam dinding yang cara membaca searah   jarum jam. Hal   menarik dalam ungkap misteri relief Candi Prambanan bagian cerita Ramayana   sepanjang relief dihiasi pahatan arca Lokapada.

Lantas apa itu Lokapada? Yakni sebutan dewa-dewa penjaga   arah mata   aingin dari mulai Dewa Bayu,Indra,   Baruna, Agni dan Yama. Meski banyak hiasan Lokapada dalam relief-relief Ramayana yang panjang   tertata rapi berurutan indah dipandang.

BACA JUGA:6 Misteri Gunung Slamet, Ada Gerbang Gaib yang Mitosnya Jika Memasukinya Tak Akan Bisa Pulang Lagi

  Relief Ramayana dimulai   dari kisah Wisnu turun ke bumi atas kekacauan efek tingkah laku Rahwana membuat ricuh kerajaan. Begitu panjang relief Ramayana   dalam dinding Candi Syiwa yang diakhiri adegan pembangunan jembatan menghubungkan samudera dengan Negara Alengka.

Cerita Ramayana di Candi Brahma

Relief   Ramayana masih terus berlanjut   dari penggalan cerita yang dapat ditemukan di Candi Brahma.   Relief yang ada di Candi Brahma mengisahkan perang Rama dibantu   adiknya bernama Laksamana dan bala tentara kera.

Kisah   cerita Ramayana di   Candi Brahma begitu menarik menceritakan jalannya peperangan melawan Rahwana menyelematkan Shinta. Shinta adalah isteri Rama yang diculik Rahwana kemudian pergi   mengembara   ke hutan.

Shinta begitu nekad pergi ke hutan setelah dusir   Rama dengan kejam membuatnya mencari perlindungan seorang pendeta.   Berkat pertolongan pendeta   Shinta yang sedang   hamil tua   berhasil   melahirkan putra dengan selamat di bawah perlindungan seorang pendeta.

Relief Krisnayana

Sementara relief Krisnayana sebagian besar berada di dinding dalam Candi Wisnu yang menceritakan kisah kehidupan Krisnayana. Dalam relief terukir dalam dinding candi   dikisahkan secara lengkapa perjalanan hidup   dari   sejak dilahirkan sampai   diangkat sebagai raja Kerajaan Dwakara.

Pagelaran Sendratari Ramayana

Rangkaian cerita yang ada dalam   relief Candi Prambanan ditampilkan dalam   Sendratari Ramayana      dengan menggelar pagelaran wayang orang Jawa. Sedratari Ramayana sebenarnya sebuah pertunjukkan menggabungkan tari dan drama tanpa dialog, diangkat   dari cerita Ramayana

Pentas   seni ini digelar setiap malam bulan purnama secara rutin di panggung   terbuka Candi Prambanan Konsep penataan panggung begitu menarik dengan latar belakang ketiga candi utama   sehingga tampak   megah    dan spektakuler apalagi diadakan saat bulan purnama

Lebih dari 200 penari profesiona dan beberapa   musisi lokal yang digelar   tiap hari   Selasa, Kamis dan Sabtu.    Pementasan panggung terbuka hanya   pada bulan kemarau selain hari itu   pagelaran digelar panggung tertutup

Relief Pohon Kalpataru

Ungkap misteri relief Candi Prambanan penuh misteri salah satunya relief pohon kalpataru   yang dalam agama Hindu sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Pohon kalpataru terukir pada relief Candi Prambanan sebagai ciri khas karena letak ini   unik dipahatkann di kaki ketiga   candi Trimurti,

Di samping itu relief pohon Kalpataru dipahatkan pada ketiga candi wahana   Prambanan yang pahatan jumlah bervariasi hanya dijumpai di Candi Roro   Jonggrang. Jumlah total relief   pohon Kalpataru setidaknya   ada 135 panel   pada seluruh dinding   candi utama.

Panil Prambanan

Hal unik dalam relief pohon Kalpataru Candi   Prambanan memiliki nama khusus   bernama Panil Prambanan. Menurut   penelitian Puslit   Arkeologi Nasional tahun 2011 terdapat 10 panil   Prambanan yakni   burung, rusa , kambing, kancil, monyet.

Selain itu hewan kelinci, kucing tupai, ayam jago,harimau   dan kinara-kinari. Kinara-kinari digambarkan makhluk   surgawi wujud kepala manusia   berbadan burung. Relief misterius dan mistis pada Candi Prambanan adalah pohon kalpataru   digambarkan mengappit singa.

BACA JUGA:5 Mitos Candi Prambanan Paling Populer di Kalangan Masyarakat, Ternyata Tidak Hanya Roro Jonggrang

Hal tersebut diduga masyarakat abad ke—9   memiliki kearifan lokal dalam mengelola lingkungan. Tidak hanya itu masih ada relief   yang misteri lainnya   keberadaan pasangan Kinara-kinari   terletak bagian    kaki pohon kalpataru.

Relief memiliki badan burung berkepala manusia  begitu   misterius selalu mengapit pohon kalpataru. Tidak diketahui secara pasti maksud   dari relief ini mengapa kepala manusia   sementara tubuhnya berupa badan burung                                                                                                         Kondisi relief seperti itu tidak masuk akal penuh misteri menimbulkan berbagai   spekulasi mengenai manipulasi genetik sehingga muncul hewan Kinara-kinari, Demikian tadi pembahasan ungkap misteri relief Candi Prambanan yang memiliki relief Ramayana, Krisnayana sampai relief   kalpataru.*

 

Kategori :