Daftar Pemenang Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Tegal 2023, Juara 1 Melaju ke Tingkat Provinsi

Selasa 08-08-2023,14:49 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Adi Mulyadi

RADAR TEGAL - Upaya memilih figur yang nantinya akan menjadi role model dan spokeperson dalam meningkatkan pemahaman pada remaja  di wilayah Kabupaten Tegal, dilakukan DP3AP2KB melalui pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) tahun 2023.

Kepala DP3AP2KB, Khofifah melalui Kabid Dalduk Keluarga Sejahtera dr Bening Priyambudi didampingi sub koordinator Keluarga Sejahtera, Wahyu Lianto menyatakan, kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi pendidikan, dan konseling kesehatan reproduksi, seksual, gizi, serta perencanaan kehidupan bagi remaja oleh Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya.

"Seleski pemilihan Duta GEnre kita lakukan secara bertahap. Awalnya ada sekitar 190 peserta, yang kita seleksi menjadi 50 peserta, dan di grand final ini menyisakan 20 peserta," ujarnya Selasa 8 Agustus 2023. 

Untuk juara 1 akan dipersiapkan maju diajang pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi Jawa Tengah dibulan Februari 2024 mendatang.

BACA JUGA:386 ASN Kabupaten Tegal Dilantik Sebagai Tenaga Fungsional Guru, Sekda: Guru Adalah Tulang Punggung Negara

Menurutnya, Duta GenRe merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja. Di mana nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi. 

Selain itu, juga menciptakan remaja yang bebas narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS. 

"Duta GenRe diharapkan mampu memberikan sosialisasi dan edukasi untuk Pendewasaan Usia Pernikahan (PUP) dan Persiapan menjadi Orang Tua Hebat serta menerapkan delapan fungsi keluarga," cetusnya. 

Peran Duta GenRe juga dibutuhkan untuk program percepatan penurunan stunting sampai 14 secara nasional. Sehingga pencegahan stunting harus dimulai dari remaja karena remaja pastinya akan menjadi orang tua. 

“Seluruh Duta GenRe di Kabupaten Tegal untuk bisa mengajak remaja supaya tangguh, cerdas dan berkualitas untuk mewujudkan Kabupaten Tegal yang lebih makmur,” ungkapnya.

BACA JUGA: Sempat Sentuh Angka 28 Persen, Kasus Stunting Kabupaten Tegal Kini Sudah 22,3 Persen

Adapun pemilihan Duta GenRe kali ini menetapkan M. Mikhail Faqih untuk kategori putra dan Naila Nur Afiandini kategori putri sebagai juara 1.

Sementara M. Raihan Afaf kategori putra dan Cut Dea Ivana Aulia Bahri kategori putri sebagai juara 2. Roykhan Fadlu Ashidiqi kategori putra dan Sava Nayla Salsabila sebagai juara 3.

Juara favorit disandang Audrey Sony Daffa Giovanni, dan juara berbakat oleh Ahmad Sohir. *

Kategori :