Candi Prambanan: Keajaiban Arsitektur Kuno di Jawa Tengah yang Memukau

Jumat 04-08-2023,15:20 WIB
Reporter : Khaerul Ikhwani
Editor : Khaerul Ikhwani

RADAR TEGAL  -  Jika Anda menginginkan petualangan berwisata sejarah, maka Candi Prambanan dapat menjadi pilihan yang sangat menarik.

Candi Prambanan adalah salah satu keajaiban arsitektur kuno di Jawa Tengah, Indonesia.

Terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan telah diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Pembangunan Candi Prambanan dimulai pada abad ke-9 Masehi saat masa pemerintahan dinasti Sanjaya.

BACA JUGA:Taman Sari Yogyakarta: Wisata Sejarah Istana Air dengan Keindahan dan Keagungan Kerajaan

Raja Rakai Pikatan dari dinasti tersebut memerintahkan pembangunan candi ini sebagai bagian dari kompleks kuil Hindu untuk menghormati Trimurti, yaitu dewa-dewa Siwa, Brahma, dan Wisnu.

Kompleks candi ini terdiri dari tiga candi utama yang didedikasikan untuk ketiga dewa tersebut, yaitu Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu.

Selain itu, ada tiga candi pendamping yang didedikasikan untuk wahana para dewa.

Sejarah Candi Prambanan mencakup berbagai periode dan peristiwa, termasuk masa-masa sulit pada abad ke-10 ketika candi ini mengalami kehancuran akibat serangan pasukan Kerajaan Medang dari Jawa Timur.

Selanjutnya, kompleks candi ini mengalami masa kelam dan tertutup oleh tumbuhan dan lumpur selama berabad-abad.

Namun, pada akhir abad ke-19, upaya penggalian dan restorasi dilakukan untuk mengungkapkan kembali keindahan Candi Prambanan.

Penggalian ini dipimpin oleh arkeolog Belanda, dan sejak saat itu berbagai upaya pemulihan dan restorasi terus dilakukan untuk menjaga dan melestarikan candi ini.

Pada tahun 1991, Candi Prambanan bersama dengan Candi Borobudur dan Candi Sewu diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, mengakui pentingnya warisan budaya dan sejarah yang terkandung dalam kompleks candi ini.

Meskipun Candi Prambanan mengalami kerusakan serius akibat gempa bumi pada tahun 2006, upaya pemulihan yang berkelanjutan berhasil mengembalikan sebagian besar candi ke keadaan semula.

Candi-candi di kompleks Prambanan dihiasi dengan relief-relief yang indah, yang menceritakan kisah epik dari Ramayana dan Mahabharata, dua kisah besar dalam mitologi Hindu.

Kategori :