Unik! Ternyata Ini Asal-Usul Nama Semarang yang Jarang Diketahui

Rabu 26-07-2023,22:27 WIB
Reporter : Ameilia Hera Lusiana
Editor : Ameilia Hera Lusiana

RADAR TEGAL - Kota Semarang merupakan kota terbesar keenam di Indonesia dengan luas wilayah sebesar 373,8 km² dan jumlah penduduk yang mencapai 1,8 juta jiwa. 

Kota Semarang berkembang pesat di bidang wisata dan kulinernya yang sering menjadi incaran para wisatawan.

Namun, dibalik berkembangnya wisata dan kuliner yang ada di Kota Semarang, terdapat sejarah panjang yang harus dilalui dan banyak orang yang tidak mengetahui asal-usul nama Kota Semarang.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Radar Tegal akan memberikan informasi mengenai asal-usul nama Kota Semarang. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Berkaitan dengan Tiga Kesalahan, Ini Asal Usul Nama Salatiga

Asal-Usul Nama Semarang

Saat itu di Jawa Tengah terdapat K erajaan Demak yang bercorak Islam, di sana hiduplah seorang pangeran yang terkenal bernama Raden Made P andan.

Raden Made P andan terkenal sebagai seorang ulama dan seorang bangsawan yang di hormati oleh warga sekitar.

Raden Made P andan mempunyai seorang putra yang bernama Raden P andanarang. Raden Pandanarang terkenal sebagai anak yang sopan, baik hati, dan berbakti kepada orang tua.

Suatu hari, Raden Made Pandan mengajak anaknya dan para pengikutnya untuk meninggalkan Kesultanan Demak. Mereka pergi ke arah barat untuk mencari daerah baru yang bisa ditempati.

BACA JUGA:Dulu Bernama Celebes, Begini Asal Usul Nama Pulau Sulawesi yang Jarang Diketahui

Berhari-hari mencari, akhirnya Raden Made Pandan menemukan sebuah hutan yang cocok untuk menjadi tempat tinggal. Hutan itu pun dibuka dan didirikan pondok pesantren serta lahan pertanian.

Raden Made P andan mengajarkan agama Islam kepada para pengikutnya di tempat tersebut, lama-kelamaan keberadaan tempat tersebut mengundang banyak orang datang untuk menimba ilmu agama Islam.

Sebelum meninggal, Raden Made Pandan berpesan kepada putranya, yaitu Raden Pandanarang supaya melanjutkan cita-citanya.

Raden Pandanarang diminta untuk tidak meninggalkan daerah tersebut dan diminta untuk menyebarkan agama Islam di tempat itu serta mengelola tanah pertanian di sekitar daerah tersebut.

Suatu hari, Raden Pandanarang sedang menggarap lahan pertanian bersama para pengikutnya, tiba-tiba terjadi sesuatu yang aneh diantara pohon yang tumbuh subur.

BACA JUGA:Menarik! Ini Asal-Usul Nama Gunung Slamet yang Menjadi Gunung Tertinggi Kedua di Pulau Jawa

Terdapat pohon asam yang tumbuh saling berjauhan. Semua yang melihat hal itu merasa heran. Kenapa di tanah yang subur itu tumbuh pohon asam yang saling berjauhan.

Setelah melihat kejadian tersebut, Raden Pandanarang mengatakan bahwa daerah ini diberi nama Semarang. Nama Semarang berasal dari kata asem yang jarang-jarang.

Semarang berkembang menjadi daerah yang ramai dan subur hingga Sultan Hadi Wijaya dari Pajang merasa tertarik menjadikan Semarang sebagai kabupaten.

Kemudian, Sultan Hadi Wijaya berkonsultasi dengan Sunan Kalijaga untuk menjadikan Semarang sebagai kabupaten, hingga pada tanggal 2 Mei 1547 Semarang resmi menjadi kabupaten.

Akhirnya, tanggal 2 Mei ditetapkan menjadi hari jadi Kota Semarang dan sekarang Kota Semarang sudah menginjak usia 476 tahun.

Demikian, informasi mengenai asal-usul nama Kota Semarang yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.***

Kategori :