Unik! Ini 5 Julukan Kota Semarang, Bukan Hanya Kota Lumpia

Unik! Ini 5 Julukan Kota Semarang, Bukan Hanya Kota Lumpia

Tugu Muda Semarang-Ameilia Hera Lusiana-

RADAR TEGAL - Kota Semarang merupakan kota terbesar keenam di Indonesia dengan luas wilayah sebesar 373,8 km² dan jumlah penduduk yang mencapai 1,8 juta jiwa. 

Kota Semarang terkenal dengan wisata dan kulinernya yang sayang jika Anda lewatkan. Semarang juga terkenal sebagai salah satu kota terpanas di Indonesia

Selain itu, Kota Semarang terkenal dengan julukan Kota Lumpia. Namun, tidak hanya memiliki julukan Kota Lumpia, Kota Semarang juga memiliki julukan lain yang unik. 

Dilansir dari kanal Youtube GridKids, terdapat beberapa julukan Kota Semarang yang jarang diketahui. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:10 Julukan Unik Kota di Indonesia, Ternyata Padang Bukan Kota Rendang

5 Julukan Unik Kota Semarang 

1. Kota Lumpia 

Semarang dikenal sebagai Kota Lumpia, karena di tempat ini lumpia pertama kali ada di Indonesia dan menjadi makanan khas Semarang.

Makanan khas Semarang ini berbahan dasar kulit lumpia yang diisi rebung, lalu disajikan bersama saus kental dan daun bawang mentah. 

Lumpia merupakan makanan hasil akulturasi dua budaya, yaitu Jawa dan China. Awalnya lumpia merupakan makanan khas China yang bernama lun pia

Lun pia awalnya berisi daging babi dan rebung, kemudian lun pia disesuaikan dengan lidah orang Semarang yang menyukai rasa manis, serta isinya diubah menjadi udang dan rebung.

Pengucapan lun pia lama-kelamaan berubah menjadi lumpia dan akhirnya menjadi lumpia yang Anda kenal saat ini. 

2. The Port of Java

Kondisi geografis Kota Semarang yang berada di wilayah pesisir, membuat Semarang menjadi pusat pelabuhan Jawa. 

Sumber: youtube.com/gridkids