Menjadi Provinsi Paling Bahagia Kedua di Indonesia, Ini Fakta Menarik Provinsi Kalimantan Utara

Senin 24-07-2023,11:26 WIB
Reporter : Ameilia Hera Lusiana
Editor : Ameilia Hera Lusiana

RADAR TEGAL - Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Pusat pemerintahan Kalimantan Utara berada di Tanjung Selor bersama dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan. 

Luas provinsi Kalimantan Utara sekitar 71.827 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 727.755 jiwa. Kalimantan Utara berbatasan dengan Sabah di sebelah utara, Laut Sulawesi di sebelah timur, Kalimantan Timur di sebelah selatan, dan Serawak di sebelah barat.

Kalimantan Utara menduduki posisi kedua sebagai provinsi dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di Indonesia. Selain itu, Kalimantan Utara juga masuk tiga besar provinsi terkaya di Indonesia dengan kekayaan alamnya yang melimpah. 

Dilansir dari kanal Youtube TM Channel, terdapat beberapa fakta menarik tentang Kalimantan Utara yang jarang diketahui. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:10 Provinsi Terkaya di Indonesia, DKI Jakarta Menduduki Posisi Pertama

5 Fakta Menarik Kalimantan Utara 

1. Kalimantan Utara Bekas Wilayah Kesultanan Bulungan

Wilayah yang menjadi Provinsi Kalimantan Utara merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan.  Kesultanan Bulungan merupakan bekas daerah Kerajaan Berau yang melepaskan diri. 

Kesultanan Bulungan berdiri pada tahun 1731 dan dipimpin oleh seorang raja yang berasal dari Brunei.

2. Provinsi Termuda di Indonesia

Kalimantan Utara merupakan provinsi yang berdiri pada 25 Oktober 2012. Usia ini masih tergolong muda untuk sebuah provinsi dan Kalimantan Utara pernah menjadi provinsi termuda di Indonesia. Kalimantan Utara merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur.

3. Satu Pulau Dua Negara

Salah satu Pulau di Kalimantan Utara ini terletak di dua negara, pulau tersebut bernama Pulau Sebatik. Pulau Sebatik merupakan pulau yang ada dibawah kekuasaan dua negara, yaitu Indonesia dan Malaysia.  

Bagian utara pulau ini dikuasai oleh Malaysia dan bagian selatan pulau ini dikuasai oleh Indonesia. Bahkan, ada rumah penduduk yang bagian depan rumahnya masuk ke wilayah Indonesia, sedangkan bagian belakang rumahnya masuk ke wilayah Malaysia.

BACA JUGA:10 Provinsi dengan Tingkat Kebahagiaan Tertinggi di Indonesia, Ada yang Termasuk Provinsi Termiskin

Kategori :