Menjadi Provinsi Paling Bahagia Kedua di Indonesia, Ini Fakta Menarik Provinsi Kalimantan Utara

Senin 24-07-2023,11:26 WIB
Reporter : Ameilia Hera Lusiana
Editor : Ameilia Hera Lusiana

4. Suku Tidung

Suku Tidung merupakan Suku yang berasal dan mendiami Kalimantan Utara. Tidak hanya di Indonesia, suku ini juga terdapat di Malaysia.

Suku Tidung masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Suku Dayak dari Rumpun Murut. Namun, Suku Tidung dianggap tidak masuk dalam rumpun Suku Dayak karena mayoritas penduduknya yang beragama Islam.

Oleh karena itu, Suku Tidung sering disebut sebagai salah satu rumpun Suku Melayu, seperti Suku Kutai, Suku Pasir, dan Suku Banjar.

Suku Tidung pernah ramai diperbincangkan karena baju adatnya yang ada di uang baru Rp 75.000. Banyak yang mengira baju adat Suku Tidung adalah baju adat orang China. 

5. Mayoritas Penduduknya Beragama Islam

Sebagian besar penduduk Kalimantan Utara beragama Islam dan jumlah penduduk muslim di Kalimantan Utara mencapai 507.780 jiwa. 

Keberadaaan agama Islam di Kalimantan Utara tidak lepas dari peran Kerajaan Islam di Kalimantan, seperti  Kerajaan Banjar, Kerajaan Sukadana, Kerajaan Sambas, dan Kerajaan Pontianak. 

Perkembangan Islam di Kalimantan Utara dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor geografis, sosial, budaya, politik, dan ekonomi. 

Demikian, informasi mengenai fakta menarik Kalimantan Utara yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.***

 

Kategori :