Dekat dengan Pulau Jawa, Pulau Natal Ini Ternyata Kerabat Indonesia

Jumat 21-07-2023,17:00 WIB
Reporter : Ailsa Zevaulima Dilivia
Editor : Ailsa Zevaulima Dilivia

RADAR TEGAL - Jika Indonesia adalah negara kepulauan, maka Pulau Natal adalah negara pulau. Siapa sangka negara asing milik Australia tersebut letaknya malah dekat dengan Pulau Jawa di Indonesia. 

Pulau Natal atau Christmas Island merupakan salah satu pulau terluar Australia. Bahkan, termasuk salah satu negara wilayah dependensi yang menjadi bagian kekuasaan Australia. 

BACA JUGA:5 Pulau yang Dulunya Indonesia, Ada Dua yang Pernah Jadi Rebutan Malaysia

Uniknya, letak Pulau Natal justru lebih dekat dengan Indonesia daripada Australia yang menjadi pemiliknya sendiri. Bahkan, penduduknya pun memiliki kemiripan dengan penduduk asli Indonesia. 

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu negara asing yang mirip dengan Indonesia dalam artikel sebelumnya. Melansir dari kanal youtube KabarPedia, berikut informasi menarik mengenai Pulau Natal.

BACA JUGA:Bagai Pinang Dibelah Dua, Ini Dia 7 Negara yang Mirip Indonesia

Migrasi kepiting merah sebagai penanda cuaca

Christmas Island menjadi habitat jutaan kepiting merah yang tampak seperti bentangan karpet merah di sepanjang jalan ketika bermigrasi. Uniknya, migrasi para kepiting merah yang terjadi setiap tahun menjadi penanda cuaca atau hujan pertama di pulau tersebut. 

Biasanya rombongan migrasi ini dipimpin oleh kepiting jantan dan diikuti kepiting betina. Mereka bermigrasi sekitar bulan November atau Oktober, tetapi terkadang juga pada bulan Desember dan Januari. 

Jika hujan pertama terjadi mendekati tanggal pemijahan, biasanya mereka akan berduyun dengan tergesa ke sekitar pantai. Namun, jika musim hujan datang lebih awal, mereka akan bermigrasi dengan lebih santai. 

BACA JUGA:6 Negara yang Pernah Jadi Bagian dari Indonesia, Salah Satunya Bertetangga

Dekatnya jarak dengan Pulau Jawa

Meskipun merupakan pulau terluar Australia, tetapi kenyataannya pulau ini justru lebih dekat dengan Indonesia. Pulau yang memiliki luas 135 km² ini berjarak sekitar 360 km selatan Pulau Jawa dan sekitar 1.400 km barat laut Australia.

Pulau yang mendapat julukan sebagai 'Pulau Galapagosnya Samudra Hindia' ini sebagian besar penduduknya bermukim di tepi utara pulau.

Penduduknya mirip Indonesia

Kategori :