Pertanda Apakah Ini? Ribuan Ulat Bulu Mendadak Muncul di Perumahan Warga Jatisawit Brebes

Jumat 07-07-2023,20:16 WIB
Reporter : Adi Mulyadi
Editor : Adi Mulyadi

BUMIAYU, RADARTEGAL.DISWAY,ID - Pertanda apakah ini? Ribuan ulat bulu mendadak muncul di perumahan warga Desa Jatisawit Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.

Menurut Perangkat Desa Jatisawit Haris, fenomena munculnya ribuan ulat bulu di perumahan warga terjadi di wilayah RT 03 RW 04 Dukuh Purbanala Desa Jatisawit.

Ulat-ulat bulu mulai muncul sejak satu pekan terakhir ini. Saking banyaknya jumlah hewan yang dapat menyebabkan gatal-gatal itu, membuat warga kebingungan.

Ulat bulu tidak hanya menempel di pohon-pohon saja, tetapi sudah ke rumah-rumah warga dan sangat menganggu. Tidak sedikit warga yang mengalami gatal-gatal akibat serangan ulat bulu tersebut.

BACA JUGA:Bantu 44 Korban Tanah Bergerak Cilibur-Paguyangan Brebes, Dinperwaskim Bangun Ruspin

"Warga mengaku tidak dapat beristirahat. Mereka merasakan gatal sekujur tubuh dan jijik, karena banyaknya ulat bulu yang ditemukan di sekitar rumah mereka," ungkap Haris, Kamis 6 Juli 2023.

Lebih jauh Haris mengungkapkan, warga sudah berusaha mengusir ulat bulu ulat bulu itu. Namun, bukannya berkurang, jumlah ulat bulu yang datang malah semakin banyak.

Hal tersebut membuat warga kewalahan. Karena setiap hari jumlahnya terus bertambah dan bertambah.

"Dalam setiap hari, jumlah semakin bertambah banyak dengan cakupan gangguan meluas," jelasnya sebagaimana dilansir Disway Jateng.

BACA JUGA:Wisuda Sekolah Marak Mulai dari PAUD, Pemkab Brebes Siapkan SE Larangan

Mengetahui fenomena ulat bulu ini, Pemdes Jatisawit berkoordinasi dengan Satgas PB BPBD Brebes Pos AJU Bumiayu, untuk melakukan penanganan.

Satgas PB pun langsung menerjunkan personelnya untuk melakukan asesment.

Hasilnya, terdapat 6 rumah yang paling parah mendapat serangan ulat bulu di Desa Jatisawit.

Karena merasa terganggu, jijik dan mengalami gatal-gatal di sekujur tubuh, sejumlah warga terpaksa mengungsi untuk sementara waktu.

BACA JUGA:Babi Hutan Teror Warga Galuhtimur Brebes, Masuk Pemukiman dan Rusak Lahan Pertanian

Kategori :