Ini juga dapat memberikan data statistik tentang kinerja siswa serta dapat melacak berapa banyak siswa yang menjawab pertanyaan yang dibuat, dapat melihat tingkat keaktifan siswa dan langsung dapat memberikan informasi peringkat hasil kinerja siswa tersebut.
Jadi mereka akan lebih tertantang untuk saling memperebutkan posisi di paling atas.
Beberapa kelebihan yang dimiliki quizizz dalam menunjang proses pembelajaran di SD diantaranya adalah:
1). Bagi guru, memudahkan dalam membuat soal yang bervariasi. Keuntungan lainnya adalah akan adanya peringkat otomatis, kemudian membuat analisis butir soal yang semuanya dapat diunduh berupa file excel.
Laporannya cukup detail, siswa akan dilaporkan jawaban benar dan salahnya serta persentase pencapaian kuis untuk seluruh siswa. Selain itu hasil dari kuis setiap siswa dapat dikirimkan ke email orang tua siswa.
2). Ketika siswa menjawab soal atau kuis yang benar, setelah itu akan muncul berapa poin yang didapatkan dalam satu soal, juga mendapatkan rangking atau peringkat berapa apa dalam menjawab kuis tersebut.
3). Apabila siswa menjawab kuis tersebut salah, maka akan muncul jawaban yang benar. Hal ini dapat digunakan oleh siswa untuk mengoreksi jawabannya secara mandiri ketika telah dinyatakan selesai mengerjakan quiz, pada sesi akhir atau penutup, sebelumnya akan ditampilkan review question guna mencermati kembali jawaban yang telah dipilih.
4). Dalam mengerjakan quiz siswa dapat mendapatkan soal kuis yang berbeda-beda karena telah diacak secara otomatis sehingga meminimalisir kecurangan.
Siswa tidak dapat menyontek sesama temannya, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya tidak sama.
Di samping beberapa kelebihan di atas, quizizz juga mempunyai beberapa kelemahan atau kekurangan sebagai media pembelajaran yaitu: a) Jaringan internet yang sewaktu-waktu dapat bermasalah, b) Akan terjadi kendala dalam hal nilai atau skor apabila siswa terlambat bergabung di quizizz.
Penggunaan aplikasi kuis interaktif quizizz sangatlah mendukung dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 saat ini.
Pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal dan menarik. Selain itu siswa dapat belajar secara mandiri dan mengecek hasil belajarnya.
Siswa tidak hanya bermain main game dengan androidnya, tetapi siswa bermain dan belajar dengan memanfaatkan androidnya. Dengan demikian kegiatan pembelajaran akan berlangsung lebih efektif, menarik dan menyenangkan. (*/ima)