Makam Keturunan Nabi Sulaiman Bin Nabi Daud Berusia 1.200 Tahun Bikin Heboh Tangerang

Sabtu 26-02-2022,06:20 WIB

Makam yang ada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Talaga Cihirup RT 003 RW 001 Desa Selapajang Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang Provinsi Banten mendadak viral di media sosial.

Pada batu nisan makam itu bertuliskan Nesah binti Nabi Solaiman bin Nabi Daud itu pun langsung membuat geger. Makam tersebut diklaim sebagai tempat dikuburkannya jasad seorang wanita keturunan Nabi Sulaiman bin Nabi Daud berusia 1.200 tahun.  

Ketua RW setempat, Rohman (40) mengatakan, makam itu sudah lama berada di TPU tersebut. Tetapi, para warga tidak ada yang tahu kapan persisnya makam tua itu dibangun dan dipasangi batu nisan. 

Makam bertuliskan Nesah Binti Nabi Solaiman bin Nabi Daud itu pada nisannya itu, baru diketahui pada pekan lalu. Ketika dirinya hendak memakamkan jenazah salah seorang warga yang meninggal dunia. 

"Tahunya pas mau makamin jenazah ustaz Jahidi, Sabtu lalu, pas saya ke sana saya lihat makam itu sudah dibangun dan ada batu nisan bertuliskan keturunan nabi," kata Rohmad, Jumat (25/2).

Ia melanjutkan, makam tua tersebut memang sudah ada sejak puluhan tahun. Namun, selama ini kondisinya tidak terawat dan tak ada keterangan siapa jenazah yang dikuburkan di dalamnya. 

Pun begitu, dia tak menampik bahwa mekam itu memang kerap didatangi para peziarah baik dari dan luar daerah Tangerang. 

"Memang kuburannya sudah ada dari dulu cuman nggak ada yang tahu siapa namanya, nggak pernah dibangun juga,  karena memang itu kan pemakaman jaman dulu lah," ucapnya 

Warga yang penasaran mencoba menelusuri siapa yang telah membangun dan memasang batu nisan di makam tersebut. 

Kemudian terungkap, makam yang disinyalir dikeramatkan itu dibangun oleh seorang warga dari kampung lain atas perintah seorang guru bernama abah Jenggot. 

"Ada yang nyuruh katanya orang Daon dari Pasar Kemis. Tapi gabungan juga kaya semacam perguruan gitulah dari Serang Banten juga ada," terangnya 

Keberadaan makam yang diklaim sebagai keturunan nabi itu pun sempat menimbulkan kontroversi. Warga kemudian beramai-ramai mendatangi lokasi makam dengan berbagai macam asumsinya. 

Karena sempat menimbulkan kegaduhan dan banyak juga warga yang tak percaya, akhirnya batu nisan yang sudah terpasang rapih di atas di makam itu pun dibongkar paksa. 

"Atas saran pa kyai di sini udah dibongkar dulu aja kalau memang nanti ada pihak-pihak yang datang nanti dibicarakan lagi," tukasnya 

Sementara, Olot (55) Kepala Dusun setempat menuturkan, alasan dibongkarnya batu nisan itu lantaran para warga sudah dibuat resah dengan keberadaannya. 

Tags :
Kategori :

Terkait