Ratusan Pejabat di Lingkungan Pemkab Tegal Dilantik Virtual

Kamis 06-05-2021,20:39 WIB

Ratusan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Tegal dilantik di Pendapa Amangkurat Kabupaten Tegal. 

Pelantikan yang dipimpin Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono itu dilakukan secara virtual, Kamis (6/5).

Mereka yang dilantik totalnya 670 pejabat. Mayoritas dilakukan virtual dengan beberapa orang di pendapa secara simbolis. 

Rinciannya, pejabat administrator sebanyak 162 orang yang terdiri dari eselon IIIa sebanyak 56 orang dan eselon IIIb 106 orang. Sedangkan untuk pejabat pengawas sebanyak 508 orang terdiri dari eselon IVa sebanyak 438 orang dan eselon IVb sebanyak 70 orang. 

"Kita sengaja melakukan virtual untuk mencegah penyebaran virus corona," katanya.

Pemkab Tegal, tambah Widodo Joko Mulyono, akan melakukan Survei Penilaian Integritas (SPI) untuk tahun 2021 yang akan dilaksanakan secara online. Dalam pelaksanaan ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dibantu konsultan swasta. 

"Alhamdulillah pada survei 2019 kita mendapat indeks nilai SPI 8,64. Saya berharap teman-teman di jajaran birokasi untuk tahun 2021 lebih meningkat dan berkembang," tambahnya.

Tujuan survei penilaian integritas ini, lanjut Widodo Joko Mulyono, untuk meningkatkan kesadaran risiko korupsi di berbagai sistem dan juga untuk perbaikan sistem antikorupsi. 

Karena saat ini, birokrasi dituntut untuk melayani publik dengan integritas tinggi. Yakni tidak korupsi dan harus jujur melayani mayarakat.
Dengan demikian, maka pada saat survei nanti dapat diketahui identifikasi rentan korupsi di mana, di OPD mana yang rentan korupsi dan indikator keberhasilan mencegah korupsi. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait