Debat Perdana Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Digelar, Ketua KPU Ungkap Filosofi Dress Code Kotak

Debat Perdana Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Digelar, Ketua KPU Ungkap Filosofi Dress Code Kotak

Debat Perdana Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal--

TEGAL, radartegal.com - Debat perdana Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Pilkada 2024 akhirnya sukses digelar, Rabu 23 Oktober 2024 malam. Riuh pendukung masing-masing paslon mengiringi jalannya debat yang dipandu 2 moderator.

Masing-masing paslon pun mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyampaikan visi dan misi mereka. Selain itu, antar paslon juga terjadi tanya jawab untuk menguji kemampuan para rivalnya.

Selain pendukung, kegiatan debat dihadiri Pj Wali Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono, jajaran Forkopimda dan pejabat lainnya. Tampak pula lima Komisioner KPU Kota Tegal yang mengenakan dress code bernuansa kotak-kotak.

Rupanya, penggunaan dress code kotak-kotak memiliki filosofi tersendiri bagi Ketua KPU Karyudi Prayitno. Sehingga, dirinya sempat menyinggung hal itu saat memberikan sambutan.

BACA JUGA: Debat Publik Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Segera Digelar, KPU Minta Pendukung Nobar di Posko

BACA JUGA: Jelang Debat Perdana Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal, KPU Eksplore Persoalan Masyarakat

Menurut Karyudi, dalam dress code yang dikenakannya terdapat motif garis vertikal. Itu, menunjukkan komitmen kami KPU kota Tegal yang akan selalu menjaga integritas dan profesionalitas.

"Bahwa kami tegak lurus pada ketentuan Undang-undang yang berlaku. Ini yang digambarkan melalui garis vertikal," katanya.

Selanjutnya, kata Karyudi, ada motif garis horizontal. Itu, menunjukkan komitmen pihaknya untuk selalu menjaga sinergitas KPU dengan stakeholder dan Bawaslu untuk menjaga Pilkada lebih berkualitas.

"Garis-garis itu akhirnya berbentuk kotak-kotak yang artinya agar masyarakat kota Tegal apapun pilihannya, beda pilihan bukan untuk membuat terkotak- kotak. Karena demokrasi pada intinya menghormati perbedaan walaupun itu keberbedaan dalam pilihan," ujarnya.

BACA JUGA: Jumlah Pendukung Dibatasi, Debat Perdana Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Digelar dalam 6 Segmen

BACA JUGA: Pemanasan Debat, 3 Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Adu Gagasan di Acara Ini

Pada kesempatan itu, Karyudi juga kegiatan debat dilakukan untuk mendengarkan visi dan misi dari masing-masing paslon. Pihaknya juga berharap kepada masing-masing pendukung yang hadir pada malam hari ini agar bisa menjaga ketertiban.

"Sehingga apa yang disampaikan para paslon bisa terdengar dengan jelas. Saya juga berharap Pilkada ini akan membawa kebahagiaan yang akan membuat masyarakat lebih gembira," tandasnya.

Suasana debat calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal

Sumber: