Bawang Goreng, Olahan Bawang Merah Solusi Saat Harga Anjlok

Bawang Goreng, Olahan Bawang Merah Solusi Saat Harga Anjlok

--

BREBES, radartegal.com - Harga bawang sering mengalami penurunan, karenanya perlu adanya kreatifitas dalam mengolah makanan yang berbahan dari bawang merah. Salah satujya, yakni bawang merah bisa diolah menjadi bawang goreng.

 

Bawang goreng merupakan produk olahan dari bawang merah yang dibutuhkan sebagai pelengkap makanan. Mengolah bawang merah menjadi bawang goreng juga bisa meningkatkan nilai jual hasil panen saat harga jatuh.

 

Nur Khasanah (36) adalah salah satu warga yang membangun usaha bawang goreng. Dirinya memebuka usaha ini karena prihatin dengan fluktuasi harga bawang. Pada saat anjlok, banyak petani yang mengalami kerugian. Oleh karena itu, untuk meningkatkan nilai jual bawang merah, Nur Khasanah mengolah bawang merah menjadi bawang goreng.

 

"Prihatin karena harga bawang murah dalam waktu lama. Karena itu, mending diolah menjadi bawang goreng," ucap Nur Khasanah, ditemui di rumah produksinya di Desa Klampok, Wanasari.

 

BACA JUGA: Fakta Unik Bawang Goreng Brebes, Eksplorasi Kuliner yang Berpadu dengan Budaya Lokal

 

BACA JUGA: Telur Asin dan Bawang Goreng Brebes Dipamerkan dalam Pesta Rakyat

 

Dirinya mengawali usaha ini dari puluhan kilo bawang merah, kini mampu menggoreng 1 ton tiap pekan.Awalnya, bawang goreng yang dibuat hanya satu varian rasa, yakni original. Dengan mempertimbangkan permintaan pasar, kini sudah bertambah menjadi beberapa varian rasa.

 

Seperti, rasa pedas, terasi, teri pedas, sapi panggang, barbeque, udang dan lainnya. "Banyak yang minta varian lain, jadi kami bikin rasa teri, terasi pedas, barbequ, sapi panggang, udang dan lainya," terangnya.

 

Dia menambahkan, dengan berbagai varian bawang goreng olahannya tidak hanya dipakai untuk pelengkap makanan. Menurut dia, bawang goreng olahannya bisa untuk lauk. Cukup dengan nasi putih, makan pun terasa nikmat.

 

Harga yang dipatok pun tidak membuat kantong jebol. Bawang goreng kemasan 100 gram dibandrol seharga Rp25 ribu. Saat ini pemesanannya pun sudah merambah ke luar kota. 

Sumber: