Generasi Z di Tegal Arahkan Dukungan Bagi Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Ini, Berikut Alasannya

Generasi Z di Tegal Arahkan Dukungan Bagi Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Ini, Berikut Alasannya

Calon Wali Kota Tegal Edy Suripno menjadi pembicara dalam dialog bersama Gen Z--

TEGAL, radartegal.com - Seratusan anak muda Generasi Z di Tegal yang tergabung dalam Generazi Blankone (baca: bleng wan) mengarahkan dukungan bagi pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Nomor Urut 1. Itu, karena pasangan Edy Suripno-Ahmad Satori merepresentasikan pemimpin yang peduli terhadap anak muda.

Dukungan itu, mereka sampaikan melalui deklarasi Generazi Blankone, Sabtu 5 Oktober 2024 sore. Sebelumnya, digelar diskusi dengan narasumber Calon Wali Kota Tegal Edy Suripno.

Menurut Ketua Blankone, Yusriannizar mengatakan berdasarkan masukan-masukan dari stakeholder, utamanya dari elemen pemuda Gen z, pihaknya berniat mengupas calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal. Namun, pihaknya punya pandangan terhadap Calon Wali Kota Tegal Edy Suripno.

"Sebab, beliau merupakan sebagai sosok figur yang merepresentasikan pemimpin yang peduli terhadap anak muda. Apalagi, dalam meniti karier berangkat dari bawah, sebagai aktivis juga," katanya.

BACA JUGA: Calon Walikota Tegal Pilkada 2024 Ini Sebut Ada Turbulanci antara Teori dan Realita dalam Dialog Politik

BACA JUGA: Pemanasan Debat, 3 Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Adu Gagasan di Acara Ini

Menurut Nizar, itu sebagai hal yang positif untuk membangun generasi muda akan diarahkan kemana. Harapannya, setelah terpilih nanti akan membuka satu wadah anak muda untuk bergerak, tumbuh dan berkembang bersama. 

Calon Wali Kota Tegal Edy Suripno usai kegiatan mengatakan kegiatan itu merupakan bukti adanya keresahan di Gen Z. Hal sama juga dirasakan mereka yang ada di tatanan pemerintahan. 

"Ini ibarat gayung bersambut, karena Gen Z dan kita yang ada di pemerintahan juga merasakan hal yang sama. Bahwa pemerintah selama ini tidak hadir untuk menjadi fasilitator untuk anak muda," katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Uyip itu, mereka para Gen Z itu, butuh ruang untuk kreatifitas dan perhatian yang serius dari Pemerintah. Sehingga, jangan kebijakan pemerintah hanya diarahkan untuk pembangunan fisik saja.

BACA JUGA: Daftar ke KPU, Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 PUSAT Diiringi 'Ibu Ratu'

BACA JUGA: KPU Kota Tegal Buka Pendaftaran Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Tahun 2024

"Tetapi ada pembangunan mental dan spiritual. Sebab, pemerintah dihadirkan bukan hanya untuk hari ini tetapi untuk esok untuk menata generasi yang akan datang," ujarnya.

Maka, kata Uyip, pemerintahan hari ini harus dibangun juga untuk membuka ruang partisipasi bagi mereka. Dirinya pun mencoba agar pilkada itu tidak menjadi pandangan yang berlalu begitu saja tanpa ada ketertarikan Gen Z terhadap daerahnya sendiri dalam bentuk keputusan politik.

Sumber: