Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman, Sinergi FKM Undip dengan Astra Motor Jateng

Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman, Sinergi FKM Undip dengan Astra Motor Jateng

PERUBAHAN - Seminar #Cari_aman Astra Motor Jateng (AMJ) dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip diikuti ratusan mahasiswa, Sabtu 28 September 2024 lalu.--astra motor jateng for radartegal.com

SEMARANG, radartegal.com – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Diponegoro Semarang dan Astra Motor Jawa Tengah (Jateng) menggelar seminar “Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman”, Sabtu 28 September 2024.

Seminar ini merupakan kolaborasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), serta kualitas keselamatan berkendara dan lalu lintas. Utamanya bagi civitas akademika FKM Universitas Diponegoro.

Seminar ini merupakan tindak lanjut dan implementasi dari kerjasama antara FKM Undip dan Astra Motor Jateng (AMJ). Acara di Hall Gedung A FKM Undip ini dihadiri 166 peserta, yang merupakan mahasiswa FKM Jurusan K3 maupun yang sedang peminatan, praktisi transportasi, dan asuransi.

Seminar dimulai dengan penyajian hasil survei kepada civitas akademika FKM Undip, guna mengukur tingkat pengetahuan mengenai etika dalam berkendara. Data-data tersebut disampaikan salah seorang anggota OSH Forum 2025, Muhammad Wildan.

BACA JUGA: Saran #Cari_aman, Investasi Helm untuk Keselamatan Berkendara Bukan Gaya-gayaan

BACA JUGA: Cara Memegang Stang Sepeda Motor dengan Benar, Ikuti Saran #Cari_Aman Astra Motor Jateng

Disiplin dan etika berkendara

Hasil survey menyimpulkan disiplin berlalu lintas dan etika berkendara di kalangan mahasiswa, masih bisa ditingkatkan. Aipda Wien Erlina Asih SH, yang mewakili Kasi Dikmas Subdit Kamsel Dit Lantas Polda Jateng menyoroti tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

“Angka kecelakaan di Indonesia tinggi, dan mayoritas kecelakaan melibatkan sepeda motor. Salah satu faktor utamanya adalah kurangnya kesadaran masyarakat, akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas dan etika berkendara,” katanya tentang faktor-faktor penyebab utama kecelakaan.

Sementara itu, Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto memaparkan, hasil survey kecelakaan internal Astra Honda Motor tahun 2024. Hasilnya, ada beberapa perilaku–perilaku utama yang menyebabkan kecelakaan pada faktor manusia.

Antara lain berkendara tidak sesuai dengan batas kecepatan, kurang mengenali kondisi jalan dan kendaraan di depannya, serta teknik berkendara yang tidak tepat. Selanjutnya, Oke memberikan memberikan saran dan tip teknik dengan simulasi–simulasi berkendara aman dengan praktik.

BACA JUGA: Tips #Cari_Aman untuk Mahasiswa Baru saat Ngampus Pakai Sepeda Motor

BACA JUGA: Pengetahuan #Cari_Aman, Kenali Cara Aman saat Melintas di Bundaran

Apresiasi Astra Motor Jateng

Kepala Bagian Pelayanan PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Tengah, Bagus Tri Maistiyanto mengatakan tingkat kecelakaan lalu lintas meningkat setiap tahunnya. Ironisnya, 40,63 persen korban kecelakan lalu lintas adalah usia produktif 25-55 tahun.

Sumber: