Besok Pengambilan Nomor Urut, Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Diimbau Tak Lakukan Ini

Besok Pengambilan Nomor Urut, Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Diimbau Tak Lakukan Ini

Kapolres Tegal Kota berkoordinasi dengan jajaran KPU menjelang pengambilan nomor urut paslon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024--

TEGAL, radartegal.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengagendakan Pengambilan nomor urut pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 pada Senin, 23 September 2024 besok. Mereka pun diimbau untuk tidak mengerahkan massa secara berlebihan saat kegiatan dilaksanakan.

Imbauan itu disampaikan Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas saat silaturahmi bersama Ketua dan Komisioner KPU setempat Minggu, 22 September 2024. Itu, untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan saat Pengambilan nomor urut Paslon.

Menurut Kapolres, pihaknya mengimbau agar para paslon tidak berlebihan mengerahkan massa pendukungnya. Itu, agar tahapan bisa berjalan dengan aman dan lancar, tidak ada gesekan saling bentrok dan lain-lain.

“Karenanya, selain mempersiapkan skema pengamanan juga berkoodinasi bersama KPU. Guna mempersiapkan tempat yang memadai dan kondusif untuk melakukan penetapan pasangan calon nantinya,” katanya.

BACA JUGA: Hadapi Pilkada 2024 di Tegal, Polisi Ajak Masyarakat Tak Mudah Percaya Hoaks

BACA JUGA: Waka Polda Jateng Tantang Warga Berani Laporkan Personel TNI-Polri yang Tak Netral dalam Pilkada 2024

Kapolres menegaskan Pemilihan kepala daerah atau Pilkada merupakan ajang Pesta demokrasi rakyat. Sehingga, harus disikapi dengan bijaksana dan kedewasaan seluruh pihak. 

"Polri siap memberikan pelayanan, perlindungan, dan mengamankan jalannya demokrasi. Agar berjalan aman, damai, lancar dan kondusif," ujarnya.

Selanjutnya, Kapolres juga menekankan agar TNI-POLRI untuk menjaga netralitasnya. Serta berharap seluruh penyelenggara pemilihan umum dalam mewujudkan pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan aman dan damai.

Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno pada kesempatan yang sama mengatakan pihaknya mengapresiasi peran pihak Kepolisian. Pihaknya juga selalu berkoodinasi dalam menjaga keamanan selama proses tahapan Pilkada 2024.

BACA JUGA: Tegaskan Netral di Pilkada 2024, Pepabri Kota Tegal Bebaskan Anggota Tentukan Pilihannya

BACA JUGA: Tingkat Partisipasi Pemilih pada Pilkada 2024 di Tegal Ditarget Capai 80 Persen

Karyudi berharap, dengan pengamanan dari aparat keamanan, seluruh tahapan akan berjalan dengan aman. Sehingga, tercapai Pilkada nyenengna gawe bungah, seperti tagline yang selalu disuarakan.

"Harapannya saat proses penetapan dan pengundian nomor urut berjalan aman dan lancar," tuturnya.

Sumber: