Tegaskan Netral di Pilkada 2024, Pepabri Kota Tegal Bebaskan Anggota Tentukan Pilihannya

Tegaskan Netral di Pilkada 2024, Pepabri Kota Tegal Bebaskan Anggota Tentukan Pilihannya

TASYAKURAN - Ketua DPC Pepabri Kota Tegal Sodik Gagang memotong tumpeng tasyakuran Hari Ulang Tahun ke-65 Pepabri, Kamis, 18 September 2024. -K. Anam Syahmadani-Radartegal.disway.id

TEGAL, radartegal.com - Tegaskan netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI Polri (Pepabri) Kota Tegal menegaskan bebaskan anggota tentukannya pilihannya.

Anggota Pepabri bebas untuk menentukan pilihan politiknya tanpa kehilangan jati dirinya sebagai prajurit pejuang yang berpegang teguh kepada nilai-nilai Sapta Marga atau Tribrata.

“Pepabri senantiasa peduli dan berjuang untuk kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata Ketua DPC Pepabri Kota Tegal Sodik Gagang dalam acara tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Pepabri yang diselenggarakan di Kantor Sub Denpom Tegal, Kamis, 18 September 2024.

Menurutnya, Pepabri secara organisasi bersifat netral dan tidak memihak kepada golongan maupun partai politik manapun dalam Pemilihan Umum (Pemilu) yang telah berlangsung maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 yang akan dilaksanakan. 

BACA JUGA: Pilkada Serentak 2024, Pj Gubernur Jateng Ajak Ribuan Pepabri untuk Lakukan Ini

BACA JUGA: Lantik Dua Pj Bupati, Pj Gubernur Singgung Pilkada Lawan Kotak Kosong di Brebes dan Banyumas

Namun demikian, sebagai individu, anggota Pepabri memiliki kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama dengan Warga Negara Indonesia lainnya. 

HUT ke-65 Pepabri mengangkat tema Rajut Persatuan Demi Keutuhan Bangsa, yang mengandung pemahaman bahwa Pepabri dalam pengabdiannya selalu mengedepankan persatuan dalam setiap pemikiran dan langkah tindakannya, serta dengan harapan suksesnya pesta demokrasi. 

Pepabri memandang ada tiga unsur yang berperan penting dalam penyelenggaran pesta demokrasi di Indonesia.

Sodik menyampaikan, ketiga unsur tersebut yakni partai politik, Komisi Pemilihan Umum, dan masyarakat. 

BACA JUGA: Nana Sudjana Lantik Pj Bupati Brebes dan Banyumas, Singgung Persiapan Pilkada 2024 

BACA JUGA: Targetkan Kemenangan 60 Persen di Pilkada 2024 Kota Tegal, Incumbent Tawarkan Pembangunan Berkelanjut

Pepabri mengajak masyarakat memilih dengan lebih cerdas dan tidak terpengaruh politik uang dan hal lain yang dapat mempengaruhi masyarakat dalam menggunakan hak politiknya. Ditekankan warga Pepabri agar ikut serta merajut persatuan.

“Saya menekankan kepada warga Pepabri bersama komponen bangsa lainnya untuk ikut serta dalam setiap upaya merajut persatuan demi keutuhan bangsa,” ungkap Sodik yang merupakan mantan Anggota DPRD Kota Tegal.

Sumber: