Pj. Walkota Tegal Ajak Masyarakat Tidak Memproduksi Sampah Secara Berlebihan

Pj. Walkota Tegal Ajak Masyarakat Tidak Memproduksi Sampah Secara Berlebihan

Pj Walikota Tegal pimpin Apel peringatan World Cleanin Day 2024--

TEGAL, radartegal.com –Penjabat (Pj.) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri memimpin Apel Peringatan World Cleanup Day (WCD) tahun 2024 yang berlangsung di GOR Wisanggeni, Jumat 20 September 2024 pagi. Pada kesempatan itu, dirinya mengajak kepada masyarakat untuk tidak memproduksi sampah secara berlebihan.

Kegiatan dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono, Pj. Ketua Tim Penggerak PKK, Dwi Karyanti Dadang Somantri. Serta Kepala OPD, Camat dan Lurah, TNI, Polri, Pelajar, Mahasiswa, DLH, DPUPR dan organisasi masyarakat.

Dalam sambutannya, Dadang mengatakan melalui kesempatan itu, dirinya mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak memproduksi sampah. Kalaupun memproduksi, maka seminimal mungkin.

"Kami juga mengajak untuk mulai memisahkan sampah dari rumah. Baik sampah organik maupun anorganik seperti plastik dan kertas," katanya.

BACA JUGA: Volume Sampah di Kabupaten Tegal 670 Ton per Hari, 62,28 persen Belum Terkelola

BACA JUGA: Jadi 400 Ton per Hari, Volume Sampah ke TPA Penujah Kabupaten Tegal Terus Berkurang

Sehingga, kata Dadang, sampah-sampah yang bisa didaur ulang bisa dikirimkan ke bank-bank sampah yang mengelola. Kemudian yang organik bisa digunakan untuk pakan maggot atau juga untuk pupuk.

"Di mana pada akhirnya sampah tersebut bisa di-recycle bisa digunakan dan bermanfaat kembali. Dengan begitu maka TPA kita tidak cepat penuh," tandasnya.

Dadang menyebut, peringatan World Celanup Day dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Untuk Indonesia targetnya ada 13 juta relawan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan WCD.

"Tema peringatan kali ini, sesuai dengan data. Yakni, di lautan sampah plastiknya sangat banyak karena terbawa dari daratan," ujarnya.

BACA JUGA: Gandeng Poltek Harber Kota Tegal, Bank Sampah Permudah Informasi Publik Lewat Magar Pol

BACA JUGA: Lomba Kota Sehat, Tim Juri Kagum dengan Inovasi Bank Sampah Marga Jaya Rindang Kota Tegal

Karenanya, imbuh Dadang, pihaknya mengajak untuk bergerak bersama menyiapkan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman. Untuk generasi yang akan datang.

Sementara itu, dalam kegiatan apel tersebut Pj. Wali Kota Tegal menyerahkan Piagam Partisipasi Program Kampung Iklim (Proklim) kepada dua Kelurahan Penerima. Yakni, Kelurahan Panggung untuk kategori Madya diberikan kepada dan lokasi Proklim dengan kategori Pratama diberikan kepada Kelurahan Kraton.

Sumber: