9 Cara Merawat Motor Listrik Honda agar Awet dan Tahan Lama, yang Mau Beli Wajib Tahu Ini

9 Cara Merawat Motor Listrik Honda agar Awet dan Tahan Lama, yang Mau Beli Wajib Tahu Ini

MOTOR LISTRIK - Dengan mengikuti tips ini, kalian bisa merawat motor listrik Honda tetap awet, tahan lama, dan pastinya selalu dalam kondisi terbaik.-(Foto: Astra Honda Motor)-

BACA JUGA: 6 Keunggulan Motor Listrik Alva one, Desain Tampilannya Mewah dan Futuristik dengan Fitur yang Canggih

Pengisian yang ideal biasanya dilakukan saat baterai sudah hampir habis, dan pastikan motor berada dalam kondisi mati selama proses pengisian daya.

5. Jaga Suhu Baterai

Suhu baterai yang terlalu panas bisa menurunkan umur baterai motor listrik kalian. Oleh karena itu, penting untuk menghindari situasi di mana baterai terkena suhu ekstrem.

Misalnya, hindari memarkir motor di bawah terik matahari terlalu lama atau tempat yang lembap. Selain itu, baterai juga harus terlindungi dari air dan debu saat kalian sedang membuka penutupnya atau saat proses pengisian.

6. Cek Sistem Penggerak dan Rem secara Berkala

Sistem penggerak adalah bagian penting dari motor listrik yang perlu diperiksa secara rutin. Sistem ini mencakup motor listrik, gearbox, dan komponen lainnya yang bekerja bersama untuk menggerakkan roda motor.

BACA JUGA:  6 Keunggulan Motor Listrik Alva Cervo, Bukan Hanya Tampilan Unik Bergaya Italia

BACA JUGA: Harga Rp9 Jutaan, Ini Kelebihan Motor Listrik Polytron Fox S yang Punya Kapasitas Baterai Besar

Pastikan semua komponen tersebut berfungsi dengan baik, dan jangan ragu untuk membawa motor ke bengkel jika merasa ada yang tidak beres.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi rem. Motor listrik cenderung memiliki rem yang lebih responsif, jadi pastikan rem kalian selalu dalam kondisi optimal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

7. Cabut Baterai saat Motor Tidak Digunakan

Jika motor listrik kalian tidak akan digunakan untuk jangka waktu lama, lebih baik baterainya dilepas atau dimatikan dari sumber listrik.

Hal ini berguna untuk menghindari risiko korsleting listrik yang bisa menyebabkan baterai mengembung atau bahkan rusak total. Langkah kecil ini bisa sangat membantu memperpanjang umur baterai dan komponen listrik lainnya.

Sumber: