Situs Bumiayu Tonjong (Buton) di Brebes Berisi Fosil Purba, BRIN Mulai Bangun Infrastuktur Penelitian

Situs Bumiayu Tonjong (Buton) di Brebes Berisi Fosil Purba, BRIN Mulai Bangun Infrastuktur Penelitian

INFRASTRUKTUR - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membangun infrastruktur di sekitar Situs Bumiayu Tonjong (Buton) di Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes, untuk kepentingan penelitian.-istimewa/dedy sulastro-

BREBES, radartegal.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membangun infrastruktur di Situs Bumiayu Tonjong (Buton) di Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong. Dalam pembangunan tersebut nampak hadir Asisten III Sekda Brebes Rofiq Qoidul Adzam yang mewakili Pj Bupati Brebes.

 

Penemuan berbagai fosil purba di wilayah Desa Kalijurang dan Galuh Timur yang sering disebut Situs Bumiayu Tonjong (Buton) menjadikan minat para peneliti untuk mengetahuinya lebih dalam. Utamanya tentang kehidupan prasejarah di sekitar lokasi penemuan. 

 

BRIN nantinya akan melakukan penelitian secara mendalam, dengan membangun fasilitas infrastruktur pusat penelitian. Antara lain rumah dan jalan menuju lokasi di Dukuh Maribaya Desa Kalinusu, yang berada di sekitar kawasan pengembangan budidaya ternak Sapi Jabres (Jawa Brebes). 

 

Deputi Infrastruktur Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr Iman Hidayat mengatakan penemuan beberapa hasil fosil yang ada di Brebes menarik minat dari para peneliti. Fosil-fosil yang  diduga berusia jutaan tahun tersebut, akan diteliti lebih lanjut untuk memastikannya.

 

 

"Nantinya, dengan dibangun pusat penelitian di wilayah Brebes, bisa dimanfaatkan para peneliti untuk mengetahui peradaban dunia," ungkapnya. 

 

Situs Bumiayu Tonjong (Buton)

 

Kepala Organisasi Riset Arkeologi Bahasa dan Satra BRIN, Dr Hery Jogaswara mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu silaturahmi atau kulonuwun kepada warga sekitar. Karena nantinya para peneliti dalam bekerja, tidak hanya sebentar tapi bisa sampai lima hingga tujuh tahun. 

 

"Kami ucapkan kulonuwun atau kalau bahasa sundanya sampurasun. Karena nanti para peneliti akan banyak bergaul dengan warga masyarakat yang ada di Dukuh Maribaya atau sekitarnya," jelasnya.

 

Pj Bupati Brebes yang diwakili Asisten III Sekda Brebes Rofiq Qoidul Adzam menyampaikan, adanya kegiatan penelitian di Situs Bumiayu Tonjong (Buton) ini akan meningkatkan sektor ekonomi kreatif bagi masyarakat sekitar.

 

Menurutnya, ini sejalan dengan tugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DKPH) yang sedang mengembangkan budidaya sapi jabres di Dukuh Maribaya. "Selain budi daya ternak, kawasan Maribaya juga dapat dijadikan obyek wisata yang menarik." 

 

Kepala DPKH Kabupaten Brebes, drh Ismu Subroto menyampaikan pembangunan infrastruktur untuk para peneliti berada di wilayah kawasan peternakan budidaya sapi jabres di Dukuh Maribaya. "Jadi untuk lahan kantor pusat penelitian BRIN ini luasnya kurang lebih 1,5 hektare." 

 

Demikian informasi tentang pembangunan infrastruktur di Situs Bumiayu Tonjong (Buton) di Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong kabupaten Brebes. Semoga bermanfaat.

Sumber: