Ekonomi Jawa Tengah Tumbuh 4,92 Persen, Nana Sudjana Ungkap Prestasi di Momentum HUT RI

Ekonomi Jawa Tengah Tumbuh 4,92 Persen, Nana Sudjana Ungkap Prestasi di Momentum HUT RI

UPACARA- Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat memimpin Upacara Peringatan HUT ke- 79 Republik Indonesia di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Sabtu, 17 Agustus 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

SEMARANG, radartegal.id - Seiring dengan 79 tahun kemerdekaan Indonesia, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengungkap jika Provinsi Jawa Tengah terus berupaya meningkatkan capaian pembangunan demi mensejahterakan masyarakat. Terbukti dengan ekonomi Jawa Tengah pada semester 1 tahun 2024 tumbuh sebesar 4,92% (year on year). 

Diikuti turunnya angka pengangguran, dari 5,13% pada Agustus 2023 menjadi 4,39% pada Februari 2024. Persentase penduduk miskin turun dari 10,77% pada Maret 2023 menjadi 10,47% pada Maret 2024.

Selain itu terjadi penurunan di angka Kemiskinan Ekstrem, dari 1,97% di tahun 2022 menjadi 1,11% pada tahun 2023. Prevalensi stunting berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI), turun dari 20,8% di tahun 2022 menjadi 20,7% di tahun 2023.

"Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi, berjalan cukup baik," ungkap Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, usai memimpin Upacara Peringatan HUT ke- 79 Republik Indonesia di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Sabtu, 17 Agustus 2024.

BACA JUGA: Terbaik se Indonesia, Areal Tanam Padi di Jawa Tengah Meluas Hingga 110.265 Hektare

BACA JUGA: Tampilkan Beragam Karya Seni, Pasar Raya Taman Budaya Jawa Tengah Resmi Dibuka Nana Sudjana

Usai melaksanakan upacara HUT - 79 RI tingkat provinsi, Pj Gubernur Jateng beserta istri dan Forkopimda menyaksikan pelaksanaan upacara detik-detik Kemerdekaan RI di IKN Kalimantan Timur secara virtual di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang. 

Dalam kesempatan itu, Nana mengajak masyarakat memaknai peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, dengan penuh semangat dan motivasi. Nana mengatakan, tema kemerdekaan "Nusantara Baru, Indonesia Maju" mencerminkan tekad membawa Indonesia ke level yang lebih tinggi dalam berbagai aspek kehidupan. 

"Dengan Nusantara Baru, kita harapkan bahwa Indonesia ke depan, (mencapai) Indonesia Emas 2045, tentunya dengan semangat dan motivasi baru," tuturnya yang mengenakan pakaian beskap adat Jawa.

Dikatakan dia, upaya untuk menyejahterakan masyarakat tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri, tapi butuh sinergi dengan instansi-instansi terkait.

BACA JUGA: Jadi yang Terendah ke-6 di Jawa Tengah, Kemiskinan Kabupaten Tegal Turun 0,49 Persen

BACA JUGA: Kembangkan Jumlah Kawasan Industri di Jawa Tengah, Pemprov Gaet Investor Asing dan Domestik

Dari berbagai capaian pembangunan Jawa Tengah, berbagai penghargaan pun diraih. Di antaranya penghargaan insentif fiskal atas kinerja baik dalam menurunkan angka stunting dan Insentif Fiskal Kategori Kemiskinan Ekstrem.

Sumber: