Kereta Api Blambangan Ekspress Mendadak Jadi Idola Warga Tegal, Ternyata Ini Penyebabnya

Kereta Api Blambangan Ekspress Mendadak Jadi Idola Warga Tegal, Ternyata Ini Penyebabnya

KA BLAMBANGAN- Tempat duduk dengan model captein sit membuat penumpang KA Blambangan Ekspress merasakan kenyamanan dalam perjalanan.-Agus Wibowo-Radartegal.disway.id

TEGAL, radartegal.id- Kereta Api Blambangan Ekspress mendadak menjadi idola warga Tegal dan sekitarnya. Hal ini setelah kereta tersebut memberikan relasi jarak Pasar Senen Jakarta-Semarang Tawang Bank Jateng - Ketapang PP.

Perpanjangan relasi Kereta Api Blambangan Ekspress itu berlaku mulai keberangkatan tanggal 26 Juli 2024. Selama 11 hari beroperasinya kereta tersebut dengan perpanjangan relasi sampai dengan Pasar Senen Jakarta tercatat terdapat sebanyak 3.027 penumpang naik dari stasiun di wilayah Daop 4 Semarang atau rata-rata sebanyak 275 penumpang per hari. 

"Alhamdulillah mulai dari Jumat 26 Juli hingga Senin 5 Agustus 2024 sejak beroperasinya KA Blambangan Ekspress dengan perpanjangan relasi, antusias penumpang sangat tinggi dengan terbukti adanya peningkatan penumpang sampai dengan hari kemarin," kata Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo, Selasa, 6 Agustus 2024.

Kereta Api Blambangan Ekspress ini menggunakan rangkaian kereta kelas eksekutif dan ekonomi new generation versi modifikasi. Upgrade kereta kelas ekonomi tersebut menggantikan jenis kursi tegak berhadapan 80 tempat duduk menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi dengan 72 tempat duduk, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas.

BACA JUGA: PT KAI Siapkan 22 Ribu Tiket dengan Diskon Hingga 20 Persen, Berlaku di 13 Kereta Api Hingga Akhir Juli

BACA JUGA: Dahulunya Halte, Sejarah Stasiun Kereta Api di Slawi Menjadi Bukti Dibukanya Jalur Lintas Tegal-Slawi

Selain itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

"Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi," paparnya. 

Fasilitas yang elegan dengan harga terjangkau, membuat warga di Tegal khususnya para pengusaha warteg maupun lainnya sudah banyak yang menggunakan Kereta Blambangan Ekspres. 

“KAI mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pelanggan khususnya para penumpang KA Blambangan Ekspress. Perpanjangan relasi ini menjadi bagian dari peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan sehingga harapannya dapat terus meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan kereta api terutama di jalur yang dilewati yaitu antara Jakarta, Cirebon, Tegal, Semarang, Surabaya hingga ke Banyuwangi,” jelas Franoto.

Sumber: