Libur Panjang Idul Adha, KA Kaligung Semarang-Tegal Tambah 2 Trip

Libur Panjang Idul Adha, KA Kaligung Semarang-Tegal Tambah 2 Trip

Ilustrasi perjalanaan KA Kaligung Semarang-Tegal--

TEGAL, radartegal.id - Menyambut libur panjang Idul Adha 1445 Hijriyah, PT KAI Daop 4 Semarang menyiapkan 98 ribu kursi atau tempat duduk Kereta Api. Selain itu, juga dilakukan penambahan perjalanan untuk kereta api lokal Kaligung Semarang-Tegal.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan dari hasil pantauan, hingga Rabu 12 Juni pukul 09.00 WIB jumlah tiket kereta api yang terjual sebanyak 60.449 tiket atau rata-rata 10.075 tiket per harinya. Itu, untuk periode keberangkatan Kamis-Selasa, 13-18 Juni di wilayah Daop 4 Semarang 

"Per harinya, KAI Daop 4 Semarang mengoperasikan kereta api. Dengan keberangkatan awal dari wilayah Daop 4 Semarang sebanyak 33 perjalanan kereta api reguler dengan tujuan ke berbagai daerah," katanya. 

Daerah tujuan itu, kata Frans, di antaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, Purwokerto, Tegal, Solo, Madiun, Jember hingga Banyuwangi. Selain itu, pihaknya juga mengoperasikan perjalanan kereta api tambahan. 

BACA JUGA: Arus Mudik Lebaran Idulfitri Berakhir, 77.765 Orang Naik Kereta Api di Stasiun Tegal

BACA JUGA: Buntut Banjir di Semarang, KAI Lakukan Pembatalan dan Rekayasa Pola Operasi Kereta Api

"Yaitu KA Kaligung no 199F relasi Semarang Poncol-Tegal keberangkatan pukul 19.40 dan KA Kaligung no 200F relasi Tegal-Semarang Poncol keberangkatan pukul 21.45 . Selain itu juga terdapat 49 kereta api penumpang yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang per harinya," jelasnya.

Menurut Fran, pihaknya memprediksi penumpang yang naik dari sejumlah stasiun di Daop IV, tertinggi akan terjadi pada Sabtu dan Selasa, 15 dan 18 Juni 2024. Di mana sebanyak lebih dari 22 ribu penumpang akan naik menggunakan kereta api di stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang ke berbagai kota tujuan di pulau jawa.

Sedangkan untuk keterisian tempat duduk, jelas Frans, pada Kamis-Selasa 13-18 Juni 2024 sudah terisi 61 persen dari total tempat duduk yang disediakan. Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

“KAI akan memastikan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa libur Hari Raya Idul Adha ini. Sehingga momen liburan bersama keluarga atau kerabat dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” pungkasnya. 

Sumber: