Arkhan Kaka Dibully Netizen, Indra Sjafri Turun Tangan dan Coach Justin Langsung Klarifikasi

Arkhan Kaka Dibully Netizen, Indra Sjafri Turun Tangan dan Coach Justin Langsung Klarifikasi

Arkhan Kaka dibully oleh netizen--

Tidak hanya itu, kasus terkait pembully-an Arkhan Kaka juga menyeret pakar sepak bola sekaligus mantan Pelatih Timnas Futsal Indonesia Justinus Lakusana atau yang kerap disapa Coach Justin angkat bicara kepada Purwanto Suwondo. Purwanto adalah ayah dari penyerang Arkhan Kaka yang jadi bahan kemarahan.

Pembahasan ini diawali dari kritik pedas Justin terhadap selebrasi "Terminator" atau joget trend tiktok yang dilakukan Arkhan Kaka saat Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Kritik tersebut diyakini menimbulkan reaksi dari netizen Indonesia hingga berujung pada pembully-an terhadap Kaka yang tak mampu tampil maksimal di Piala AFF U19 2024.

Purwanto Suwondo mengungkapkan kemarahannya terhadap Justin dan menudingnya sebagai pemicu utama serangan bully-ing yang diterimanya dari netizen. Dalam kesempatan itu, ayah dari Kaka mengatakan, komentar Justin berdampak besar terhadap persepsi masyarakat terhadap putranya.

BACA JUGA: Tampil Memukau, Dony Tripamungkas Raih Best Player Pada Piala AFF U-19 2024

BACA JUGA: Timnas U-19 Raih Juara Piala AFF U-19 2024, Shin Tae Young Tulis Pesan dengan Emoticon Api

"Saya marah besar kepada Coach Justin yang mengutarakan pendapatnya tentang anak saya saat masih disebut-sebut sebagai artis TikTok. Opini ini yang membuat Kaka agak ketakutan. Itulah yang menjadi beban bagi Kaka. Mungkin berpengaruh juga di performanya sekarang ini," kata eks striker Persebaya Surabaya itu.

Pria yang pernah satu angkatan bermain dengan Bambang Pamunkas di timnas ini berharap netizen lebih bijak dalam mengkritik pemain muda. Terutama  yang masih dalam tahap perkembangan.

Ia yakin dukungan aktif dan kritik yang membangun akan membantu Kaka semakin meningkatkan performanya di lapangan. Setelah mengetahui hal tersebut, Coach Justin segera angkat bicara untuk memberikan klarifikasi dan supportnya kepada Arkhan Kaka.

Coach Justin menyatakan kesediaannya untuk membela Kaka dari segala bentuk hinaan atau bullying yang diterima di media sosial.

BACA JUGA: Jelang Final AFF U-19 2024, Pelatih Timnas Thailand Emerson Pereira Sempat Puji Indonesia

BACA JUGA: Persiapan dan Strategi Khusus Timnas Vs Malaysia dalam Piala AFF U-19, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

"Gua akan back up Kaka, dengan cara kalo Kaka dibully di sosmed akan gua back up, di akun yang ada atau enggak. Karena sekali cukup, ini anak uda belajar dari kesalahannya. Makanya, kemarin waktu itu (Piala AFF U19) dia dihajar kan, gua gak bahas sama sekali. Bahkan gua bilang di video, 'stop bullying Kaka," ujar Justin itu dalam akun resmi Tiktoknya.

Justin juga menegaskan bahwa dia tidak memiliki kepentingan atau tujuan apapun untuk menjatuhkan mental Arkhan Kaka. Menurutnya, kritik yang dilontarkan adalah bagian dari upaya konstruktif untuk membantu perkembangan pemain muda.

Dia menekankan pentingnya menjaga mentalitas dan mendukung para pemain muda sebagai aset masa depan.

"Intinya gua gak ada minat sama sekali, karena untuk gua Kaka dan pemain lainnya adalah aset yang harus kita jaga," ucapnya.

Sumber: