Pilih Bela Timnas Indonesia atau Australia? Inilah Jawaban Resmi Matthew Baker

Pilih Bela Timnas Indonesia atau Australia? Inilah Jawaban Resmi Matthew Baker

Matthew Baker di panggil Timnas Australia--

Radartegal.id - Pemain internasional Timnas Indonesia U-16 Matthew Baker, langsung memberikan reaksi pertamanya setelah namanya dipanggil untuk membela dalam pemusatan latihan Tim Nasional (TC) Australia U-17, Rabu, 31 Juli 2024.

Reaksi tersebut terlihat pada halaman Instagram story Matthew Baker dengan foto mengibarkan bendera Indonesia. Sebelumnya, pelatih Australia U-17 Brad Maloney mengumumkan 24 pemain yang dipanggil ke Timnas Australia.

TC akan memainkan dua pertandingan sekaligus melawan timnas U-19 Kepulauan Solomon dan Vanuatu. Matthew Baker juga diperkirakan akan bermain untuk Australia di kualifikasi Piala Asia U-17 pada edisi tahun 2025 mendatang.

Australia saat ini tergabung di Grup G bersama tuan rumah Kuwait, Kepulauan Mariana Utara, dan Timnas U-16 Indonesia.

BACA JUGA: Setelah Kalahkan Thailand, Giliran Timnas U-19 Tantang Argentina dan Korea Selatan

BACA JUGA: Usai AFF U-19 2024, Timnas Indonesia Langsung Fokus Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Brad Maloney nampaknya terkesan dengan pemain berdarah campuran Indonesia dan Australia ini. Saat Matthew Baker membela timnas Indonesia U-16 di Piala ASEAN U-16 2024, ia melihat potensi dari pemain ini.

Matthew Baker menjadi pemain kunci tim dari asuhan Nova Arinto pada turnamen yang digelar di Solo, Jawa Tengah pada 21 Juni sampai 3 Juli 2024. Faktanya, Matthew Baker pernah memimpin timnas U-16 Indonesia melawan Australia di semifinal Piala ASEAN U-16 2024 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, 1 Juli 2024.

Saat itu Australia menang dengan perolehan skor akhir 5:3 melawan Timnas U-16 Indonesia. Australia pun berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Thailand secara ketat dengan skor akhir 8-7 melalui adu penalti di final Piala ASEAN U-16 2024. Kedua tim sebelumnya bermain imbang 1-1.

 

Matthew Baker tetap dipanggil membela Australia meski sudah pernah dipanggil ke dalam Timnas Indonesia U-16. Pasalnya Matthew Baker baru berusia 15 tahun dan belum bisa memiliki paspor Indonesia.

BACA JUGA: Media Vietnam Sindir Timnas U-19 yang Kalahkan Malaysia di Piala AFF, Indra Sjafri Balas Begini

 

Sumber: