Ngalap Berkah, Ratusan Warga Desa Dermasuci Tegal Berebut Gunungan Sayur dalam Ruwat Bumi 2024

Ngalap Berkah, Ratusan Warga Desa Dermasuci Tegal Berebut Gunungan Sayur dalam Ruwat Bumi 2024

RUWAT BUMI- Ngalap berkah dalam Ruwat Bumi 2024, ratusan warga berebut gunungan yang berisi sayuran dan buah-buahan, Rabu, 31 Juli 2024 sore. -Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

PANGKAH, radartegal.id- Ngalap berkah dalam Ruwat Bumi 2024, ratusan warga berebut gunungan yang berisi sayuran dan buah-buahan, Rabu, 31 Juli 2024 sore. Kegiatan ini merupakan ruwatan atau sedekah bumi di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal.

Sebelum prosesi Ruwat Bumi 2024 ini, Kepala Desa Dermasuci Mulyanto menyiramkan air ruwatan kepada ratusan warga. Mereka meyakini, air suci itu dapat merubah hidupnya yang lebih baik atas izin Allah SWT.

Selain berebut gunungan dan siraman air suci, prosesi Ruwat Bumi 2024 ini juga dimeriahkan dengan pagelaran wayang golek. Serta menggelar istighotsah dan pemberian santunan kepada anak yatim dan piatu.

Menurut Mulyanto, Ruwat Bumi 2024 ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Tujuannya sebagai ucapan terimakasih kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rejeki dan kesehatan kepada masyarakat Desa Dermasuci.

BACA JUGA: Ruwat Bumi Guci 2024, Jaga Tradisi dan Kearifan Lokal Kabupaten Tegal

BACA JUGA: Dilakukan Setiap Bulan Suro! Ritual Ruwat Bumi di Wisata Guci Tegal, Mensyukuri Nikmat dari Pencipta

"Semoga hasil pertanian di desa kami meningkat, dan bencana alam di desa ini tidak ada. Semoga masyarakat mendapat keberkahan," kata Mulyanto.

Dirinya tak menampik, lokasi Desa Dermasuci berada di kawasan perbukitan. Beberapa tahun silam, desa tersebut kerap dilanda bencana tanah longsor.

Tidak sedikit rumah warga yang rusak akibat bencana tersebut. Karena itulah, Mulyanto berharap, dengan adanya Ruwat Bumi 2024 ini, bencana alam tidak terjadi lagi. Sehingga masyarakat dapat hidup nyaman, gemah ripah lohjinawi.

"Di desa kami mayoritas adalah petani. Harapan kami, hasil pertanian semakin bertambah. Sehingga masyarakat dapat hidup makmur dan sejahtera," tutupnya. 

BACA JUGA: Dipercaya Bawa Berkah, Warga Dermasuci Tegal Berebut Gunungan Ruwat Bumi

BACA JUGA: 3 Warga Kota Tegal Diamankan Polisi Pemalang, Jambret Pengunjung Ruwat Bumi Belik

Ratusan warga rela berdesak-desakan dan saling dorong untuk mendapatkan ruwat gunungan tersebut. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak dan remaja juga ikut berebut gunungan itu. Baik pria maupun wanita.

Sumber: