Seluruh OPD di Pemkot Tegal Diminta Tanam Cabai, Ternyata Ini Tujuannya

Seluruh OPD di Pemkot Tegal Diminta Tanam Cabai, Ternyata Ini Tujuannya

Pj Walikota menyampaikan tengah menggalakan tanam cabai di seluruh OPD Pemkot Tegal--

TEGAL, radartegal.id - Seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal diminta untuk menggalakan menanam Cabai rawit. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi tren kenaikan harga komoditas pangan itu.

Itu, disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal Dadang Somantri seusai mengikuti Rakor TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) bersama Kemendagri secara daring melalui zoom. Kegiatan dilaksanakan Senin 29 Juli 2024 siang.

Menurut Dadang pihaknya sedang menggalakan menanam cabai dalam pot di halaman kantor OPD. Itu, dilakukan untuk mengantisipasi tren kenaikan harga Cabai.

"Ini hampir semua OPD sudah melaksanakan. Sehingga nanti pada saatnya, pada puncak kebutuhan itu sudah tidak perlu lagi khawatir dengan pasokan," ujarnya.

BACA JUGA: Inflasi Kota Tegal 2,29 Persen YOY, Pj Walikota: Ini Sudah Bagus

BACA JUGA: Antisipasi Inflasi Pangan Kabupaten Tegal, Koordinasi TPID Terus Diintensifkan

Selain itu, kata Dadang, Pemkot juga sudah membangun kerja sama yang baik dengan para petani. Maupun kerja sama antar daerah agar stabilitas harga dapat dikendalikan.

Dadang mengungkapkan, berdasarkan informasi dari BPS ada penurunan harga 43 komoditas namun kecil. Kemudian yang mengalami kenaikan sekitar 70-an. 

"Tetapi barang-barang yang naik tidak berpengaruh secara signifikan dalam nilai inflasi. Kecuali tadi disampaikan cabai masih tinggi dan beras, hal ini juga berlaku di seluruh negeri," ungkapnya.

Sebelumnya, Plt. Sekjen Kemendagri Tomsi Tohir meminta kepada jajaran Pemda untuk tegas dan mahir dalam mengendalikan inflasi. Sebab, dari data di BPS, laju inflasi selama beberapa tahun terakhir memang menunjukkan tren yang serupa. 

"Kondisi ini dinilai dapat menghambat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya. 

Sumber: