Ruwat Bumi Guci 2024, Jaga Tradisi dan Kearifan Lokal Kabupaten Tegal

Ruwat Bumi Guci 2024, Jaga Tradisi dan Kearifan Lokal Kabupaten Tegal

KAMBING KENDIT- Prosesi memandikan kambing kendit di wahana pancuran 13 pada acara tradisi Ruwat Bumi Guci 2024 di objek wisata pemandian air panas Guci, Jumat, 12 Juli 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

“Melalui ruwatan ini akan tersampaikan pesan dan mudah-mudahan membawa kesan baik bagi siapa saja untuk kemudian ikut menjaga, melestarikan, dan merawat lingkungan, serta nguri-uri kabudayan jawi,“ kata Joko.

Di sisi yang sama, Pemerintah Kabupaten Tegal juga tengah mendorong Guci sebagai kawasan strategis pariwisata nasional atau KSPN. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing dan daya tarik pariwisatanya mengingat objek wisata Guci memiliki keunggulan komparatif berupa ketersediaan air panasnya yang melimpah dan tidak berbau belerang.

Adapun sejumlah upaya yang mendukung antara lain melakukan perbaikan infrastruktur seperti pengaspalan jalan di dalam kawasan pariwisata Guci hingga Desa Tuwel yang kini tinggal memasuki tahap akhir pembuatan marka jalan dan rencana pengaspalan terminal Pasar Guci.

Sumber: