Asal Usul Terjadinya Curug Putri Brebes, Terdapat 3 Versi Cerita Berbeda

Asal Usul Terjadinya Curug Putri Brebes, Terdapat 3 Versi Cerita Berbeda

3 Asal Usul Curug Putri Brebes--

BACA JUGA: 4 Curug di Tegal yang Wajib Banget Kamu Kunjungi, Minimal Sekali Seumur Hidup

Maka untuk menolak lamaran Raja Wetan secara halus, Raja Agung Luhur mengadakan sayembara sabung ayam yang pemenangnya diberikan hak kepada Putri Campa. Dalam kompetisi ini, tidak ada satupun ayam jago milik pangeran atau raja yang mampu mengalahkan ayam jago Raja Agung Luhur atau bahkan ayam jago Raja Wetan.

Kini, Raja Wetan tak puas dengan pertandingan tersebut dan meminta pertandingan ulang. Pada pertandingan ulang, ayam Raja Wetan berhasil memenangkan persaingan karena ayam  Raja Agung Luhur sudah babak belur dan lemah dari pertandingan sebelumnya.

Raja Wetan memenangkan kompetisi tersebut dan memperoleh hak untuk menikahi Putri Campa. Raja Agung Luhur yang masih belum menerima hasilnya kemudian memerintahkan salah satu panglimanya, Menak Jambu Dipa, untuk menyembunyikan putrinya di air terjun yang sekarang disebut Curug Putri. 

3. Versi Ketiga

Kemudian versi ketiga mengacu pada putri  Kerajaan Mataram yang melarikan diri untuk menghindari kejaran tentara musuh. Dikisahkan Kerajaan Mataram mengalami kekacauan akibat serangan musuh, dan seorang putri melarikan diri ke Desa Dukuh Benda.

BACA JUGA: Jomblo Wajib Kesini! Mitos Curug Cantel yang Artinya agar Tercantel 'Mendapatkan Pasangan'

BACA JUGA: Misteri Curug Leuwi Hejo Bogor,Menggali Mitos yang Menghantui di Balik Keindahan Alam yang Membuat Kagum

Meski jauh dari kerajaan, ternyata tentara musuh mengejarnya hingga sang putri terlempar ke air terjun. Kemudian dia memutuskan untuk melompat dari air terjun, dan sang putri  meninggal.

Kini, air terjun tempat meninggalnya sang putri kemudian diberi nama Curug Putri.

Demikian ketiga kisah awal muka terjadinya Curug Putri. Entah cerita siapa yang paling benar tidak menjadi permasalahan untuk mencoba berkunjung ke Curug Putri Brebes ini. Karena di balik asal usulnya, curug ini tetap memiliki pesona alam yang indah dan sayang untuk dilewatkan. 

Sumber: