Sambangi Nelayan di Tegal, Wadirpolairud Polda Jateng: Jangan Takut Ada Pak Polisi

Sambangi Nelayan di Tegal, Wadirpolairud Polda Jateng: Jangan Takut Ada Pak Polisi

Nelayan di Tegal mengikuti sambang pesisir Polda Jateng--

TEGAL, radartegal.id - Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng menyambangi wilayah pesisir. Kegiatan yang digelar di gedung KUD Karya Mina, Kelurahan Tegalsari itu, untuk bisa menyerap aspirasi dari Nelayan di Tegal.

Selain itu, juga sebagai sebagai upaya Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah perairan/pesisir. Sekaligus untuk memperkuat hubungan silaturahmi dengan masyarakat di wilayah perairan dan pesisir pantai.

Kegiatan diikuti sekira 200 orang yang terdiri dari para tokoh masyarakat pesisir, paguyuban nelayan, pemilik kapal, pelaku usaha perikanan. Juga asosiasi perkumpulan nelayan, pengelola wisata bahari dan relawan SAR ARNAVAT Kota Tegal.

Usai kegiatan, Wadirpolairud Polda Jateng AKBP Yohanes Budi Sarwono mengatakan, selain sebagai ajang silaturahim, kegiatan sambang Pesisir juga untuk menyerap aspirasi masyarakat nelayan atau yang tinggal di pesisir pantai. Sehingga, harapannya bisa dicarikan solusinya.

BACA JUGA: Tak Tinggalkan Kearifan Lokal, Nelayan di Tegal Diajari Mencari Ikan dengan Aplikasi

BACA JUGA: Nasibnya Makin Terjepit, Nelayan di Tegal Sampaikan 7 Tuntutan saat Audiensi dengan Ketua DPRD

"Kegiatan ini untuk mendengarkan apa yang mereka keluhkan atupun usul saran. Agar nantinya secara bersama-sama kita carikan solusi sebagai tindak lanjut," kata AKBP Yohanes Budi.

AKBP Yohanes Budi juga mengimbau kepada para peserta yang hadir dan masyarakat pesisir untuk bisa membantu Polri dalam memelihara kamtibmas. Utamanya, di wilayah perairan agar selalu aman dan kondusif.

Selain itu, kata AKBP Yohanes Budi, pihaknya juga mengimbau kepada nelayan, jika terjadi permasalahan di wilayah perairan saat berlayar dapat segera melapor. Serta dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan melibatkan pihak Kepolisian dan pemerintahan setempat. 

"Sehingga dapat segera teratasi secara cepat, tepat dan berakhir dengan baik. Kami mohon apapun persoalan yang dialami masyarakat, khususnya yang tinggal di wilayah perairan agar senantiasa melibatkan pihak Kepolisian dan Instansi terkait," terangnya.

BACA JUGA: Dukung Peningkatan Keselamatan, Pertamina Patra Niaga Bagikan Jaket Keselamatan untuk Nelayan di Tegal

BACA JUGA: Protes Lambannya Proses Perizinan, Nelayan di Tegal Kembali Blokir Jalur Semarang-Jakarta

AKBP Yohanes Budi juga mengajak untuk menghilangkan paradigma atau pemikiran rasa takut apabila ada pak Polisi. Karenanya, dia berharap dengan adanya kegiatan Sambang Pesisir ini, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah pesisir dapat terwujud.

Sumber: