Capaian Pencoklitan Data Pemilih Pemilu Serentak 2024 di Tegal Lebih Dari 50 Persen

Capaian Pencoklitan Data Pemilih Pemilu Serentak 2024 di Tegal Lebih Dari 50 Persen

Pencoklitan data Pemilih Pemilu Serentak 2024 di Kota Tegal--

TEGAL, radartegal.id - Meski menemui sejumlah kendala, capaian pencoklitan data pemilih untuk Pemilu Serantak 2024 di Kota Tegal cukup tinggi. Ada sejumlah TPS yang tersebar di beberapa Kelurahan telah mencapai 100 persen.

Komisioner KPU Kota Tegal Divisi Perencanaan Data dan Informasi Imam Ghozali saat ditemui di Kantornya mengatakan untuk melakukan pencoklitan pihaknya menerjunkan 752 petugas. Sedangkan untuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) sebanyak 215.646 jiwa.

"Tahapan pencoklitan sudah kita lakukan sejak 24 Juni 2024 lalu. Saat ini masih terus dilakukan oleh petugas pantarlih," katanya.

Menurut Imam, secara umum pelaksanaan di lapangan berjalan dengan lancar. Namun, memang ada beberapa kendala yang ditemui petugas di lapangan.

BACA JUGA: 24 Juni Coklit Data Pemilih Pilkada 2024 di Tegal Dimulai, KPU Kulo Nuwun dengan Pemangku Wilayah

BACA JUGA: Di Kabupaten Tegal Coklit Pemilih Pemilu 2024 Dilakukan Manual dan Elektronik

"Memang ada beberapa kendala yang ditemui petugas di lapangan, namun secara umum berjalan lancar. Bahkan kemarin sempat ditinjau langsung oleh Pj Walikota Tegal," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Igo itu mengungkapkan beberapa kendala yang ditemui petugas di lapangan antara lain pemilih yang tidak dapat ditemui namun dokumen masih sesuai dengan KTP. Kemudian ada yang menolak untuk dipasang stiker pencoklitan di rumahnya.

"Bahkan kemarin ada petugas pantarlih yang harus menerjang rob agar bisa melakukan pencoklitan. Tetapi sekali lagi memang semuanya secara umum berjalan dengan lancar," terangnya.

Terkait capaian, Igo mengatakan hingga saat ini sudah lebih dari 50 persen. Ada beberapa TPS yang pencoklitannya sudah mencapai 100 persen.

BACA JUGA: 7015.102 Calon Pemilih di Brebes untuk Pemilu Serentak Sudah Dicoklit

BACA JUGA: 6.289 Petugas Pantarlih Brebes Mulai Coklit 1.508.339 Pemilih, Ini Jadwal Lengkapnya

"Beberapa TPS itu antara lain di Kelurahan Panggung 1 TPS, Mangkukusuman 1 TPS, Pesurungan Lor 2 TPS, Debong Lor 1 TPS, Tegalsari 1 TPS. Sebenarnya masih ada lagi yang sudah selesai 100 persen," tandasnya. 

Sumber: