9 Kecamatan di Brebes Rawan Longsor, BPBD Jateng Pasang Alarm Early Warning System

9 Kecamatan di Brebes Rawan Longsor, BPBD Jateng Pasang Alarm Early Warning System

PASANG EWS- Petugas dari BPBD Jateng memasang alarm EWS di salah satu daerah rawan longsor di Brebes.-Teguh Supriyanto-Radartegal.disway.id

Saat dilakukan observasi dan pengkajian lokasi pemasangan EWS longsor, juga dilakukan proses pemotretan udara menggunakan drone untuk memetakan jumlah KK yang berpotensi terdampak. Selanjutnya foto udara ini akan digunakan sebagai dasar untuk membuat peta jalur evakuasi yang disepakati bersama dengan masyarakat.

Naufal, Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Brebes menambahkan, dalam fungsinya, jika alarm AWS Tanah Longsor berbunyi, maka masyarakat sudah bisa mengetahui dan tahu cara menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Diharapkan warga bisa menghindari terjadinya dampak yang ditimbulkan, dengan mengikuti jalur peta evakuasi," kata Naufal.

BACA JUGA: Jembatan Kali Erang Cilongok Tegal Longsor, Akses Vital 3 Kecamatan Terancam Putus

BACA JUGA: BREAKING NEWS, Tebing Tanah di Pemalang Setinggi 5 Meter Longsor Akibat Diguyur Hujan

Budi Sujatmiko, ketua SATGAS PB dan TRC BPBD Kabupaten Brebes mengatakan, setelah pemasangan EWS Longsor ini selesai dilanjutkan penataan jalur evakuasi dan titik kumpul untuk memudahkan proses evakuasi apabila terjadi bencana.

"Juga akan dilakukan kegiatan simulasi dan driil, untuk melatih masyarakat melakukan proses evakuasi sesuai dengan SOP yang disepakati bersama," jelas Budi.

Dengan terpasangnya EWS Longsor dan terbentuk nya Tim Siaga Bencana Desa, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan masyarakat di Desa Cinanas lebih khusus di Dukuh Karangpoh.

Sumber: