3 Mitos Memelihara Burung Srigunting yang Berbau Mistis, Yakin Masih Ingin Memeliharanya?

3 Mitos Memelihara Burung Srigunting yang Berbau Mistis, Yakin Masih Ingin Memeliharanya?

Mitos memelihara burung srigunting --Tangkap layar YouTube Jarvis Official

radartegal.id- Burung srigunting identik berwarna hitam dan merupakan salah satu jenis burung pemakan serangga. Yang menarik dari burung ini memiliki kemampuannya menirukan suara jenis burung lain.

Maka tak heran kalau burung ini banyak orang yang memeliharanya. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, pernah mendengar mitos memelihara burung srigunting?

 

Mitos memelihara burung srigunting ini terdengar sangat mistis. Salah satunya seperti memberikan sebuah pertanda kematian.

 

Tapi apakah benar demikian? Yuk yang penasaran dengan mitos memelihara burung srigunting cek selengkapnya di dalam artikel ini. Apakah kamu yakin masih mau memeliharanya?

BACA JUGA: Arti Mitos Telapak Tangan Gatal Menurut Primbon Jawa dan Medis, Benarkah Bakal Dapat Rezeki?

BACA JUGA: 10 Mitos tentang Tumbal Binatang, Benarkah Dianggap sebagai Simbol Pengorbanan?

Mitos memelihara burung srigunting 

1.Pertanda akan ada kematian

 

Tidak hanya burung gagak saja, menurut mitos yang beredar di masyarakat kalau burung srigunting berkicau secara terus menerus menandakan bahwa pemilik ataupun seseorang akan meninggal dunia. 

 

2.Menarik uang gaib

 

Selain sebagai menjadi pertanda akan ada kematian, konon katanya kalau burung srigunting sebagai alat untuk menarik uang gaib. Diyakini kalau burung ini memiliki kemampuan magis yang dapat membantu seseorang menarik uang gaib atau kekayaan dari alam spiritual.

 

Kemungkinan kepercayaan ini karena fisik dari burung srigunting yang unik dan perilakunya terkadang dianggap misterius. 

 

3. Pertanda kehadiran tamu dan keberuntungan 

 

Selanjutnya bukan hanya misterius saja, mitos memelihara burung srigunting juga sebagai pembawa keberuntungan. Selain itu juga dianggap sebagai pertanda kehadiran tamu.

 

Misalnya tiba-tiba burung srigunting berkeliling terbang di sekitar rumah tersebut, maka akan menjadi pertanda bahwa tamu tersebut akan segera tiba. Mengenai mitos ini sebagian orang masih mempercayainya dan membuat banyak orang bersemangat saat melihat burung srigunting muncul sebelum ada tamu yang akan datang.

BACA JUGA:9 Mitos Seputar Hewan Serangga, Apakah Benar Kerap Dijadikan Simbol Kesehatan?

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Ini Arti Mitos Mimpi Jatuh Terpeleset yang Berkaitan dengan Kondisi Tubuh

Habitat dan makanan burung srigunting 

 

Sebagai informasi tambahan, burung srigunting merupakan jenis burung yang hidup di sekitar hutan bakau atau mangrove. Pada umumnya burung ini juga hidup di wilayah rawa-rawa hutan dan perkebunan.

 

Burung srigunting hidup berkelompok dan termasuk dalam spesies burung pemakan serangga. Biasanya ia memakan serangga kecil yang terdapat di pepohonan seperti kupu-kupu, kumbang, capung.

 

Untuk harga burung srigunting biasanya dilihat dari jenisnya biasanya kalau pada umumnya sekitar Rp 110 ribu hingga Rp 550 ribu per ekor dan harganya tersebut biasanya berbeda-beda di wilayah tertentu. Burung srigunting juga bisa dihargai yang lebih mahal jika yang ditawarkan dilihat dari segi postur tubuh, warna yang dimiliki dan jambulnya.

 

Jika kamu tertarik untuk memelihara burung srigunting ini sangat mudah lho. Hal yang paling penting yakni memberikan makanan yang seimbang, menyediakan air minum bersih, menjaga kebersihan kandang, menyediakan sangkar yang luas, mandi dan cuci bulu.

BACA JUGA:4 Mitos Arti Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Primbon Jawa, Mendapatkan Rezeki Tidak Disangka?

BACA JUGA:7 Mitos Seputar Ular Weling, Apakah Benar Merupakan Wujud Reinkarnasi Leluhur?

Mengenai mitos memelihara burung srigunting kamu boleh mempercayai atau tidaknya tergantung kepercayaan diri masing-masing. Mungkin di era zaman modern sekarang mulai banyak orang yang sudah meninggalkannya.

 

Demikian pembahasan mengenai mitos memelihara burung srigunting yang kami rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: