6 Kriteria Umum Pengguna Pinjol yang Disetujui Pengajuannya, Anda Sudah Termasuk?

6 Kriteria Umum Pengguna Pinjol yang Disetujui Pengajuannya, Anda Sudah Termasuk?

6 kriteria umum pengguna pinjol yang disetujui-freepik-

BACA JUGA: 7 Cara Menghindari Pinjol Bunga Tinggi, Pastikan Tidak Menggunakan Platform Ilegal

BACA JUGA: Galbay Pinjol Jangka Panjang Akan Ditagih Terus Menerus Oleh DC Lapangan? Ini Kata Mantan Nasabahnya

3. Kepemilikan Rekening Bank 

Kriteria umum pengguna pinjol yang disetujui selanjutnya yaitu memiliki rekening bank pribadi. Biasanya layanan pinjol mengharuskan si peminjam memiliki rekening bank atas nama sendiri sesuai dengan KTP, untuk transfer uang dan penagihan pembayaran.

4. Kepemilikan KTP dan NPWP 

Kebijakan umum pinjaman online sesuai yang disebutkan sebelumnya yaitu harus memiliki KTP yang aktif. Beberapa pinjol juga mengharuskan peminjamnya menyertakan NPWP untuk kebutuhan verifikasi.

5. Riwayat Kredit 

Ketentuan pinjam uang di pinjol khususnya yang legal yaitu harus ada pengecekan riwayat kredit. Peminjam yang memiliki SLIK OJK atau riwayat kredit buruk, bahkan tidak memiliki riwayat kredit mungkin akan sulit mendapatkan persetujuan pinjaman.

6. Skor Kredit 

Kriteria umum pengguna pinjol yang disetujui lainnya yaitu soal skor kreditnya. Selain riwayat kredit, skor kredit sangat berpengaruh dalam pengajuan pinjol legal.

BACA JUGA: Sudah Lunas Tagihan Pinjol Kok Masih Ditagih DC Lapangan? Bisa Jadi Penipuan Loh

BACA JUGA: Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol Ilegal 2024, Kenali Risikonya Sebelum Menghilangkannya Permanen

Beberapa pinjol menggunakan skor kredit atau algoritma penilaian mereka sendiri untuk menilai risiko peminjam. Skor kredit ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk riwayat pembayaran hutang, jumlah pinjaman yang sedang berjalan, dan sebagainya.

7. Ketentuan Tambahan 

Terakhir, mungkin beberapa layanan pinjaman online memiliki ketentuan tambahan untuk pendaftarannya. Misalnya jika peminjam ingin ambil pinjaman untuk kebutuhan modal usaha, maka diperlukan pengecekan langsung ke lapangan untuk melihat usahanya.

Sumber: