AC Indoor dan Outdoor Beda Merek Bisa Dipasang Bersama? Temukan Jawabannya di Sini!

AC Indoor dan Outdoor Beda Merek Bisa Dipasang Bersama? Temukan Jawabannya di Sini!

ELEKTONIK- Ilustrasi penyatuan AC Indoor dan Outdoor beda merek.-(Gambar Pinterest)----

Setiap merek AC biasanya memiliki sistem kontrol dan komunikasi yang berbeda. Unit indoor dan outdoor harus bisa "berbicara" satu sama lain agar dapat berfungsi dengan baik. Jika sistem komunikasi mereka tidak kompatibel, AC tidak akan bekerja secara optimal atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Tipe dan Kapasitas Refrigeran

Berbagai merek AC menggunakan tipe dan kapasitas refrigeran yang berbeda. Mencampur dua unit dari merek berbeda bisa menyebabkan ketidakcocokan dalam hal refrigeran yang digunakan, yang pada akhirnya bisa merusak sistem AC secara keseluruhan.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi AC Inverter Terbaik Harga Murah Meriah, Nikmati Sensasi Sejuk dengan Keuntungan Hemat Listrik 

BACA JUGA: Keunggulan AC Inverter Dibanding AC Biasa, Benarkah Menggunakan Inverter Bisa Lebih Menghemat Listrik?

Kesesuaian Koneksi dan Pipa

Pipa yang menghubungkan unit indoor dan outdoor harus sesuai. Meskipun kelihatannya simpel, setiap merek bisa memiliki desain pipa dan koneksi yang berbeda. Memaksakan penggunaan pipa yang tidak sesuai bisa menyebabkan kebocoran refrigeran dan menurunkan efisiensi sistem.

Pendapat Para Ahli

Para ahli di bidang AC umumnya tidak merekomendasikan penggunaan unit indoor dan outdoor dari merek yang berbeda. Menurut mereka, kompatibilitas dan efisiensi sistem sangat bergantung pada keselarasan teknologi antara kedua unit.

Risiko dan Dampak

Memasang unit AC indoor dan outdoor beda merek tidak hanya menimbulkan risiko teknis, tetapi juga berdampak pada beberapa aspek lainnya:

  • Efisiensi Energi

Kombinasi unit yang tidak sesuai bisa mengakibatkan AC bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan, yang berarti konsumsi energi akan meningkat. Ini tentu saja berdampak pada tagihan listrik bulanan Anda.

  • Umur Pemakaian

Ketidakcocokan dalam teknologi dan desain bisa memperpendek umur AC Anda. Anda mungkin harus lebih sering melakukan perawatan dan perbaikan, yang tentu saja menambah biaya.

BACA JUGA: Rekomendasi 6 AC Inverter 1/2 PK Terbaik 2024, Punya Fitur 3D Surrounding Flow yang Super Dingin

Sumber: