Mitos Telaga Warna Dieng Wonosobo Jawa Tengah, Konon Dulunya Menjadi Tempat Pemandian Para Putri dan Ratu

Mitos Telaga Warna Dieng Wonosobo Jawa Tengah, Konon Dulunya Menjadi Tempat Pemandian Para Putri dan Ratu

mitos telaga warna dieng jawa tengah --

Telaga Pengilon merupakan telaga yang dibuat oleh ksatria kedua. Melihat Telaga yang indah, Ratu dan putrinya memutuskan untuk mandi disana. Saat mandi, baju mereka terbawa angin dan jatuh ke Telaga disebelahnya. Warna baju yang luntur, membuat warna telaga menjadi berubah.

Telaga Pengilon dirasa lebih bagus dari Telaga Menjer menurut sang ratu. Disini airnya jernih dan permukaannya halus yang menandakan ketulusan dari pembuatnya.

Sedangkan Telaga Menjer permukaannya kasar yang menunjukkan tingkah laku pembuatnya yang kurang baik. Karena  itulah ratu akhirnya memutuskan hubungan ksatria pertama dengan putrinya. 

Ksatria pertama dikutuk oleh ratu menjadi naga dan bertugas menjaga samudra. Sang Ratu berkesimpulan bahwa Putrinya lebih cocok dengan ksatria yang kedua dan menikahkan mereka berdua.

                                      

BACA JUGA: Mitos Ular Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa, Benarkah Jelmaan Jin dan Pertanda Awal Kesialan?

BACA JUGA: Kerap Diidentikan Sahabat Limbad, Berikut 5 Mitos Pelihara Burung Hantu di Rumah

Kesimpulan 

Mitos Telaga warna ini konon  merupakan telaga yang unik karena warna airnya yang berubah ketika terkena sinar matahari. Hal ini menjadikan masyarakat percaya bahwa telaga warna memiliki cerita yang menyimpan banyak mitos dan misteri.

Demikian informasi mengenai mitos telaga warna dieng Jawa tengah. Semoga bermanfaat.

Sumber: