Sejarah Perkembangan Pasar Alun-alun Tegal, Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan Mataram

Sejarah Perkembangan Pasar Alun-alun Tegal, Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan Mataram

Sejarah perkembangan pasar alun-alun tegal--

Saat pagi hari menjelang, induk burung-burung blekok berterbangan ke luar dari sarang mereka dengan diiringi suara anak-anak mereka. Konser suara anak-anak blekok di sana betapa menyenangkan saling bersautan. 

Kini suara-suara itu tidak lagi menyambut pagi dan mendayu saat anak-anak blekok bersuka ria kehadiran para induk mereka. Semuanya hilang, dan yang terdengar hanya suara kendaraan roda dua yang melintas di sana.

Hal yang sama, anak-anak sekolah yang berolah raga di sana tak akan pernah dijumpai. Bila senja hari anak-anak kampung pun, tidak punya wahana bebas untuk bermain sepak bola, dan berlarian. 

Dalam beberapa tahun terakhir, alun-alun Tegal mengalami beberapa perubahan yang signifikan. Salah satunya adalah penggantian bangunan Bank Afdeelings dengan bangunan modern Bank BRI. 

Meski mengalami modernisasi, Pasar alun-alun Tegal tetap mempertahankan filosofi dan makna sejarahnya sebagai landmark kota.

BACA JUGA: Bukan di Jakarta, Ini Sejarah Desa Grogol di Tegal yang Sudah Ada Sejak Zaman Sunan Amangkurat I

BACA JUGA: Stasiun Bersejarah Tegal Bakal Direvitalisasi dengan Anggaran Rp 8,22 Miliar

Modernisasi ini dilakukan dengan tetap mempertahankan elemen-elemen sejarah yang ada sehingga masyarakat dapat terus mengenang dan menghargai warisan budaya mereka. 

Pasar alun-alun Tegal juga menjadi tujuan wisata bagi pengunjung dari luar kota yang ingin merasakan nuansa pasar tradisional yang kaya akan budaya dan sejarah. Dengan demikian, pasar ini turut berkontribusi dalam sektor pariwisata dan meningkatkan pendapatan daerah.

                                                 

Kesimpulan 

Sejarah perkembangan alun-alun Tegal berawal dari pemerintahan Kota Tegal yang mulai terbentuk pada masa Kerajaan Mataram, dengan Kraton Kaloran sebagai pusat perlawanan rakyat Tegal terhadap pemerintahan Hindia Belanda. 

Demikian informasi mengenai sejarah perkembangan pasar alun-alun kota tegal, semoga bermanfaat.

Sumber: