Stasiun Bersejarah Tegal Bakal Direvitalisasi dengan Anggaran Rp 8,22 Miliar

Stasiun Bersejarah Tegal Bakal Direvitalisasi dengan Anggaran Rp 8,22 Miliar

Menhub saat meninjau Stasiun Bersejarah Tegal--

TEGAL, radartegal.id - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan melakukan revitalisasi Stasiun bersejarah Kota Tegal. Bahkan, saat ini sudah disiapkan Anggaran sebesar Rp8,22 Milyar untuk revitalisasi tersebut.

Itu, disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat melakukan pemantauan stasiun Tegal. Kegiatan dilakukan pada Sabtu 15 Juni 2024 kemarin. 

Menurut Budi pihaknya baru saja melakukan kunjungan ke berbagai Stasiun di Jawa Tengah. Salah satunya Stasiun yang berada di dekat jantung Kota Tegal ini, bakal direvitalisasi dalam waktu dekat. 

"Staisun Tegal ini bakal direvitalisasi. Saat ini sedang dilakukan desain dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI," ungkap Budi. 

BACA JUGA: Arus Balik Lebaran 2024, 5.732 Orang Naik KA di Stasiun Tegal Hari Ini

BACA JUGA: Driver Ojol Keluhkan Penutupan Jalan Semeru di Dekat Stasiun Tegal

Budi mengungkapkan anggaran yang disediakan untuk revitalisasi Stasiun Tegal sebesar Rp 8,22 miliar sesuai biaya kontrak pengerjaan. Sebelum revitalisasi, akan ebih dulu melakukan preservasi. 

"Sehingga nantinya dalam pembangunan tidak meninggalkan arsitektur yang ada. Tetapi perbaiki agar lebih baik lagi," ujarnya.

Budi mengatakan Kementerian Perhubungan akan membuat format satu stasiun itu dibedakan antara perjalanan jarak jauh dan jarak pendek. Nantinya akan memperbaiki yang jarak jauh terlebih dahulu, baru tahun depan akan diusulkan desainnya untuk pemerintahan yang akan datang.

"Saya mengapresiasi kalau kita melihat di mana-mana stasiun itu bersih, di dalam pelayanannya juga bersih, dan para petugasnya ramah-ramah. Sehingga saya pikir kereta api bisa menjadi satu contoh bagi moda-moda transportasi lainnya," kata Budi Karya Sumadi.

BACA JUGA: Tinjau Persiapan Mudik Lebaran 2024 di Stasiun Tegal, Ini yang Disampaikan Sekda Provinsi Jateng

BACA JUGA: Arus Mudik Lebaran Idulfitri Berakhir, 77.765 Orang Naik Kereta Api di Stasiun Tegal

Menhub menambahkan dari anggaran Rp8,22 miliar untuk pekerjaan Stasiun Tegal meliputi sejumlah pekerjaan. Antara lain, peninggian peron, perpanjangan peron, pembuatan overcapping baru, perkuatan overcapping kayu eksisting dan Landscape Stasiun.

Sumber: