Heboh Mitos Burung Perkutut Berubah Menjadi Ular, Biasanya Terjadi Saat Keadaan Sepi dan Gelap

Heboh Mitos Burung Perkutut Berubah Menjadi Ular, Biasanya Terjadi Saat Keadaan Sepi dan Gelap

mitos burung perkutut berubah menjadi ular menurut orang jawa--

Terkait dengan mitos perkutut bisa menjadi ular, hingga kini masih menjadi misterius dan perdebatan tak berujung di masyarakat. 

Hal ini karena memang jarang sekali kejadian perkutut berubah menjadi ular apalagi disaksikan orang banyak secara langsung. Meski demikian, masih banyak sekali orang yang mempercayai dan meyakini mitos di luar nalar manusia tersebut.

Waktu berubah jadi ular

Menurut kepercayaan lama, bagi sebagian orang yang mempercayainya atau dikalangan tertentu, burung perkutut berubah menjadi ular saat terdesak.

Saat burung terancam dan lingkungan sekitarnya mendukung, maka dengan sendirinya perkutut bisa berubah menjadi ular. Hal ini misalnya seperti saat perkutut ditangkap oleh seseorang ketika berada di sarangnya dengan anaknya yang masih kecil. 

BACA JUGA: Mitos Ular Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa, Benarkah Jelmaan Jin dan Pertanda Awal Kesialan?

BACA JUGA: Mitos atau Fakta? Menyantap Daging Kambing Bisa Bikin Sakit Kepala

Konon, agar dapat mengembalikannya menjadi perkutut lagi dengan cara menggosok-gosok tubuh si ular dengan tangan menggunakan tanah berdebu.

Versi lain menyebutkan perkutut juga bisa berubah menjadi ular saat berada di dalam kandang atau sangkarnya dalam kondisi terdesak. Untuk bisa mengembalikan perkutut menjadi burung lagi, maka dengan cara menutupi kandangnya dengan kain bermotif batik atau kain batik.

Fakta burung perkutut

1. Asal Usul

Burung perkutut adalah burung yang berasal dari wilayah Australia dan Indonesia, termasuk di antaranya Indonesia bagian timur seperti Maluku, Papua, dan Timor. Mereka juga dapat ditemukan di wilayah lain di Asia Tenggara seperti Filipina.

2. Berukuran Kecil

Burung perkutut adalah burung berukuran kecil dengan panjang sekitar 19-21 cm. Walaupun ukurannya kecil, mereka memiliki kemampuan terbang yang baik dan cepat.

Sumber: