Jumlah Pasien dan Bangsal Meningkat, RSUD Brebes Rekrut 100 Nakes

Jumlah Pasien dan Bangsal Meningkat, RSUD Brebes Rekrut 100 Nakes

Adanya penambahan bangsal dan meningkatnya pasien IGD di RSUD Brebes membuat pihak manajemen rumah sakit melakukan perekrutan tenaga kesehatan (Nakes) tahun ini.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Penambahan bangsal dan bertambahnya pasien IGD, membuat pihak manajemen RSUD Brebes merekrut 100 tenaga kesehatan atau tenaga kesehatan tahun ini. Para nakes tersebut sudah diterima dan mulai bekerja di rumah sakit pemerintah tersebut.

Direktur RSUD Brebes dr. Rasipin melalui Kepala Bagian Umum drg. Adhi Supriadi mengatakan, pelaksanaan rekrutmen 100 nakes dilakukan dalam dua tahap.

“Total ada 100 nakes yang sudah diterima dan sudah bekerja di RSUD Brebes,” ujarnya saat ditemui di RSUD Brebes, Rabu 19 Juni 2024.

Adhi menjelaskan, alasan rekrutmen nakes RSUD Brebes dilakukan dua tahap karena saat seleksi nakes tahap pertama pada Februari lalu hanya ada 63 peserta yang lolos sesuai syarat dan ketentuan seleksi. Sehingga, untuk 37 nakes lainnya dilakukan pada seleksi kedua di Mei lalu.

BACA JUGA:  Sidak ke RSUD Brebes, Ini Pesan Pj Bupati Iwanuddin Iskandar

BACA JUGA:  27 Dokter dan Nakes RSUD Brebes Digembleng Soal Pekerti, Untuk Apa?

“Kalau sebenarnya diseleksi tahap pertama itu yang memenuhi syaratnya ada 100 peserta tidak perlu lagi ada seleksi kedua. Namun, karena seleksi tahap pertama baru ada 63 nakes yang memenuhi syarat. Sehingga, untuk memenuhi itu kami melakukan seleksi tahap dua,” terangnya.

Dia menjelaskan, pada proses seleksi tahap pertama total ada 419 peserta yang mengambil formulir pendaftaran nakes RSUD Brebes. Namun, dari 419 peserta itu, yang lolos seleksi administrasi ada 249 orang.

“Dari 249 peserta yang lolos seleksi administrasi itu kami melakukan tes. Tes terdiri dari psikotes, tes kompetensi bidang, kemudian wawancara dan praktek. Dari seleksi itu didapatlah 63 orang yang memenuhi syarat,” jelasnya.

Dari 63 peserta yang dinyatakan lolos itu terdiri dari 37 orang perawat. Kemudian rekam medis 8 orang, analis kesehatan 3 orang (satu orang gagal diri) fisioterapis 1 orang. Kemudian penata anestesi 2 orang, tenaga teknis kefarmasian 3 orang.

BACA JUGA:  Simak Bunda! Tips Menghadapi Masa Menopause Bagi Perempuan ala RSUD Brebes

BACA JUGA:  Curhat Jadi Obat Mujarab Atasi Cemas Stres dan Depresi, Begini Penjelasan Dokter Kejiwaan RSUD Brebes

“Kemudian ahli gizi 2 orang, juru masak satu tenaga administrasi 2 orang, pemulasaran jenazah 1 orang, pramubakti 1 orang, pramausaji satu orang dan pranata komputer 1 orang,” ucapnya.

Sumber: