Kapan Waktu yang Pas untuk Ganti Oli Gardan Motor Matic? Ini Akibatnya Kalau Telat Ganti

Kapan Waktu yang Pas untuk Ganti Oli Gardan Motor Matic? Ini Akibatnya Kalau Telat Ganti

PENGGANTIAN - Mengganti oli gardan secara berkala dan melakukan perawatan rutin adalah kunci untuk menjaga performa dan umur panjang kendaraan Anda.-(dok. istimewa)-

Radartegal.id - Mengganti oli gardan motor matic adalah bagian penting dari perawatan rutin yang tidak boleh diabaikan. Lalu kapan waktu yang pas untuk ganti oli gardan pada motor matic?

Waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli gardan motor matic adalah setiap 8.000 km atau setiap delapan bulan. Angka mana yang tercapai lebih dahulu. 

Namun, beberapa ahli menyarankan penggantian lebih cepat. Misalnya setelah dua kali penggantian oli mesin, lakukan sekali penggantian oli gardan motor matic. 

Artikel ini dapat membantu menjaga performa dan umur panjang komponen kendaraan Anda. Simak penjelasan berikut ini yang kami kutip dari berbagai sumber.

BACA JUGA: 5 Kelebihan Motor Matic TVS IQube, Kendaraan Ramah Lingkungan Terbaru yang Rilis di Jakarta Fair 2024

BACA JUGA: 7 Cara Beli Motor Matic Bekas Berkualitas sesuai Budget, Pemula Perlu Catat Hal-hal Ini

Tanda-tanda oli gardan motor matic harus diganti

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa oli gardan motor matic perlu segera diganti:

  • Suara Kasar dari Box CVT

Munculnya suara bising dari bagian box CVT dapat menjadi indikasi bahwa oli gardan sudah habis atau kualitasnya sudah menurun drastis. Suara ini biasanya terjadi karena pelumasan yang tidak optimal.

  • Getaran Mendadak pada Motor

Jika motor bergetar secara tiba-tiba, terutama di bagian bodi dan stang, ini bisa disebabkan oleh pelumasan yang tidak berjalan sempurna. Menunjukkan bahwa oli gardan motor matic perlu diganti.

  • Suara Kasar saat Dikendarai

Ketika motor menghasilkan suara kasar terutama saat dipacu dengan kecepatan tinggi, ini adalah tanda bahwa pelumasan gardan tidak lagi optimal dan perlu segera diganti.

  • Penurunan kinerja kendaraan

Kinerja kendaraan yang menurun, seperti akselerasi yang lambat atau kecepatan maksimum yang berkurang, dapat menjadi tanda bahwa oli gardan motor matic perlu diganti.

BACA JUGA: Cara ganti Oli Motor Matic yang Perlu Pengguna Tahu, Tidak Harus Ganti di Bengkel Loh

Sumber: