Berusia Lebih Dari 1 Abad, Berikut Sejarah Gereja Kristen Jawa Pepanthan Muarareja Tegal

Berusia Lebih Dari 1 Abad, Berikut Sejarah Gereja Kristen Jawa Pepanthan Muarareja Tegal

Sejarah gereja kriten jawa tertua di kota tegal --

TEGAL, radartegal.id- Kota Tegal yang memiliki julukan bahari ini ternyata merupakan salah satu kota yang besar di era kolonialisme Belanda, beberapa sejarah gedung peninggalan kolonial pun masih ada dikota ini. Salah satunya  sejarah gedung  gereja Kristen Jawa Pepanthan Muarareja.

Sejarah gereja Kristen jawa pepanthan muarareja yang terletak di Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Gereja tua tersebut sudah berdiri sejak 1865 dibawah kepemimpinan seorang zending pendeta Avermeer.

Seorang Zending pendeta dalam Sejarah gereja Kristen jawa pepanthan muarareja ternyata sebelumnya  pernah diutus untuk meluaskan pengaruh di wilayah Tegal, Purbalingga hingga Banyumas pada tahun 1863. 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai sejarah gereja kristen jawa pepanthan muarareja yang sudah berdiri sejak tahun 1865 dan dibawah pimpinan zending pendeta. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: Sejarah Pemakaman Kerkhof di Tegal, Peristirahatan Terakhir Pejabat Tinggi dan Residen Pertama Zaman Belanda

BACA JUGA: Sejarah Pangeran Purbaya Kalisoka Tegal, Putra Raja Mataram yang Berperan Besar Syiarkan Islam

Sejarah Gereja Kristen Jawa Pepanthan Muarareja Kota Tegal

                                      

Belanda membawa pengaruh yang besar salah satunya agama Kristen, dibuktikan dengan sejumlah banguanan gereja tua yang ada di Kota Tegal. 

Salah satu gereja tua tersebut adalah Gereja Kristen Jawa Pepanthan Muarareja, yang terletak di Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.

Gereja tua tersebut sudah berdiri sejak 1865 dibawah kepemimpinan seorang zending pendeta Avermeer yang sebelumnya diutus pada 25 Januari 1863 untuk meluaskan pengaruh di wilayah Tegal, Purbalingga hingga Banyumas.

Gereja Kristen Jawa ini menjadi tempat penginjilan pertama di wilayah tersebut, hingga ditahun 1864 pendeta Avermeer membaptis 30 orang jemaat yang seluruhnya terkumpul dalam Persekutuan Kristen Jawa Ing Tegal atau jemaat Kristen Jawa di Tegal.

BACA JUGA: Bukan di Jakarta, Ini Sejarah Desa Grogol di Tegal yang Sudah Ada Sejak Zaman Sunan Amangkurat I

 

Sumber: